Sistem operasi Windows 10 baru saja memperkenalkan Microsoft Edge terbaru yang sudah menggunakan mesin Chromium, yang juga digunakan oleh Firefox. Ini tentunya akan membuat Microsoft Edge menjadi lebih cepat dan lebih baik saat digunakan untuk browsing atau membuka-buka halaman situs dan sosial media. Update pun masih dilakukan secara konsisten oleh pihak Microsoft untuk browser Microsoft Edge tersebut.

Salah satu masalah yang sempat dikeluhkan oleh para pengguna Microsoft Edge adalah munculnya pesan error 0x80200070, saat melakukan instalasi atau update Microsoft Edge tersebut. Pasalnya, masalah ini ternyata tidak hanya muncul pada Microsoft Edge yang versi lama, tapi juga untuk Microsoft Edge Chromium pun ada yang mengalaminya.

Memperbaiki error 0x80200070 saat install atau update browser Edge

Munculnya pesan error 0x80200070 yang terjadi saat Anda melakukan proses instalasi atau update Microsoft ini disebabkan oleh kurangnya dukungan resource dari komputer. Maka dari itu, Anda perlu menambahkan dukungan resource tersebut dengan cara menonaktifkan beberapa program yang menggunakan resource komputer terlalu banyak.

1. Nonaktifkan aplikasi yang melalui Task Manager

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengklik kanan taskbar lalu memilih Task Manager. Atau Anda bisa juga menekan tombol shortcut Ctrl + Shift + Esc.
  • Setelah halaman Task Manager terbuka, silahkan Anda klik pada tab Performance.
  • Klik pada tab CPU untuk mengurutkan pengunaannya.
  • Silahkan Anda klik kanan pada program yang tidak penting, yang sudah menggunakan resource komputer yang banyak.
  • Jika sudah, silahkan Anda coba lagi melakukan instalasi atau update Microsoft Edge.

2. Hapus atau hentikan program dan services yang tidak perlu

Kalau ternyata cara pertama di atas masih gagal, maka Anda bisa menggunakan beberapa opsi berikut ini:

  • Hentikan services: Kalau program yang menggunakan banyak resource komputer ini adalah services, maka Anda bisa menghentikan services dari program tersebut. Anda pun bisa mengecek services tersebut melalui halaman Task Manager. Setelah mengetahui nama services-nya, maka silahkan Anda buka menu RUN dengan menekan tombol Win + R, lalu ketikkan services.msc untuk membuka halaman Windows Services Manager. Setelah halaman tersebut terbuka, silahkan Anda cari services yang menggunakan resource yang besar, dan hentikan services tersebut.
  • Uninstall program: Kalau ini bukanlah services, maka Anda bisa memilih untuk melakukan uninstall program. Jika Microsoft Edge sudah berhasil diinstal atau update, maka bisa menginstall kembali program tersebut.
  • Update Microsoft Edge melalui safe mode.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah 0x80200070 saat install atau mengupdate Microsoft Edge. Kalau Anda memiliki solusi lain atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah disediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY