Di Indonesia antara mitos dan pamali sebenernya sudah bukan hal yang aneh lagi untuk dimongin, soalnya dua hal ini sudah bergelut dalam keseharian orang Indonesia. Coba deh kamu inget-inget lagi pasti kamu pernah denger kan cerita-cerita mitos ampe yang katanya gak boleh ini itu karena bakal gini dan gitu ya kan?

Nah, ampe sekarang kamu-kamu tahu gak alasan sebenernya kayak gimana? kebanyakan sih pasti kamu gak tahu. Ya gimana mau tahu sih, soalnya dulu orangtua kita sendiri juga gak ngejelasin. Pokoknya kalau udah ngelarang harus diturutin gak boleh ngebantak kalau ngebantah ya gitu deh kalau enggak kena jewer ya sapu yang bakal melayang ke betis haha.

Sebenernya antara cerita-cerita mitos soal pamali yang dulu sering disebutin orangtua kita emang sih bukan tanpa alasan. Udah pastilah ada alasannya Cuma ya gitu alasannya kadang gak masuk akal. Misalnya soal sapi lidi, yang katanya gak boleh main pukul-pukulan pake sapu lidi nanti kamu gak kawin-kawin. Pernah denger kan? coba deh pikir apa hubungannya antara sapu lidi ama kawin? Gak ada kan? yang ada mah itu bergantung dari segimana usahamu buat dapetin pasangan.

Hal-hal kayak gitu udah bukan hal baru deh di Indonesia, seperti juga ama 6 mitos pamali kayak gini. Tapi biar kamu gak salah kaprah kamu juga harus tahu alasan sebenarnya. Kayak gimana? langsung masuk ke poin pertama deh.

Jangan Potong Rambut di Rumah Malem-Malem

Katanya “jangan potong rambut di rumah malem-malem, nanti mimpiin setan”, pernah denger kan mitos kayak gini?

Alasan sebenernya, hal kayak gini sebenernya gak selamanya buruk. Meski emang rada absurd tapi ada baiknya kalau kamu emang nurutin buat gak motong rambut di rumah malem-malem. Kenapa? ya kalau malem-malem kan bisa abis tuh rambut hehe iya-iya maksudnya itu bukan tiap malem tapi tengah malem.

Hal kayak gini logisnya sih sederhana sob! soalnya kalau kamu potong rambut di rumah malem-malem, kamu gak bisa dapet potongan rambut yang pas. Karena selain keadaan gak seterang saat siang kamu juga kalau potong rambut sendiri pasti gak bisa. Tapi sebenernya sih mau itu dipotongin atau motong rambut sendiri hal kayak gini emang gak baik. Bukan apa-apa sob entar kalau yang motonginnya udah ngantuk kuping kamu bisa ilang setengah lho!

Jangan Duduk di Bawah Pintu

Salah satu mitos pamali yang legendaris, yang katanya “kalau duduk jangan di bawah pintu, nanti dilewatin setan! Kalau dilewatin setan bakal sakit”.

Alasan sebenarnya, ya harus diakui sih yang namanya anak-anak (bahkan kadang orang dewasa) baru bisa ngedenger kalau udah ditakut-takutin pake setan. Padahal sih sebenernya gak kayak gitu, sebenernya sih duduk di bawah pintu emang gak boleh sih. Tapi alasannya bukan karena bakal dilewatin setan, melainkan karena bakal ngehalangin orang mau mau masuk. Bayangin deh kalau kebetulan yang mau masuk itu udah kebelet abis udah gitu kamu duduknya pas di bawah pintu, yang ada mah bakal kesetanan dianya. Apalagi kalau pas udah buru-buru gitu dia kesandung ama kamu, serem deh pokoknya haha.

Jangan Foto Bertiga

Ini nih mitos pamali yang paling legend, bahkan dari saya masih kecil kadang kalau foto bakal langsung dimarahin kalau fotonya bertiga atau ganjil. Katanya “jangan foto bertiga, nanti yang di tengah bakal mati”.

Alasan sebenarnya, mitos pamali kayak gini nyeremin sih tapi apa iya beneran yang di tengah bakal mati? Sampai sekarang sih belum ada yang ngebuktiin kebenarannya. Semua hanya sekedar cerita dan cerita belaka. Masa iya Cuma karena foto bisa ngalahin kehendak tuhan?

Tapi sebenernya bisa aja sih, kalau yang ditengah itu diam-diam nikung temen di sampingnya hehe.

Jangan Langsung Pergi Setelah Bersin

Mitos pamali yang kayak gini sumpah sih baru denger, katanya “jangan langsung bepergian kalau abis bersin, nanti bisa kecelakaan”.

Alasan sebenernya, jujur sih pengen tahu ini orang yang bilang kayak gini sekedar ngomong aja atau lagi nyumpahin? Jelek amat omongannya? Cuma kalau dipikir lagi mitos pamali kayak gini ada benernya juga. Soalnya ya tahu sendiri dah dimana-mana orang kalau mau bersin itu kan nutup mata lha kan kalau langsung bepergian bisa celaka bener gak?

Jadi sebenernya sih maksudnya “kalau abis bersin matanya dibuka dulu biar bisa melihat dengan jelas, jangan perginya saat mata masti ketutup” ya gitu lah kira-kira hehe.

Jangan Lama-Lama di Kamar Mandi

Mitos yang legend juga nih, bahkan ini sering banget keluar dari mulut orangtua kalau anaknya kelamaan mandi. Katanya “jangan lama-lama di kamar mandi, nanti cepet tua”.

Alasan sebenarnya, hal kayak gini sebenernya sederhana sih coba deh kamu rendam kaki atau tanganmu dalam waktu yang lama pasti bakal keriput pucat gitu kan? nah itu maksudnya biar kamu gak keriput gitu. Bisa juga maksudnya karena “jangan lama-lama di kamar mandi, yang mau mandi bukan Cuma kamu woi!”.

Jangan Ngenalin Gebetan Ke Teman-Teman

Well, kalau hal kayak gini sih sebenernya bukan pamali tapi emang kenyataan bahkan emang di sarankan kalau belum jadian gak usah ngenalin gebetan ke teman-teman. Ya bukan apa-apa sob, entar kalau temenmu ada yang ikutan naksir gimana? mendingan kalau gebetanmu gak naksir tapi kalau naksir juga? Masa iya kamu harus perpanjang kartu jomblo lagi? ha ha ha. . .

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY