Perangkat ponsel saat ini memang sudah sangat canggih. Namanya pun sudah berubah menjadi smartphone (ponsel cerdas), karena kecanggihan dan bisa disetarakan dengan sebuah perangkat komputer (Laptop / PC). Salah satu platform smartphone yang saat ini banyak sekali digunakan, dan memang paling populer adalah smartphone berbasis Android.

Mau tahu apa saja hal-hal yang bisa dilakukan dengan kecanggihan ponsel dengan platform Android ini? Silahkan Anda di bawah ini.

1. Memanfaatkan untuk menonton TV

Kalau Anda termasuk pecinta siaran-siaran TV, maka Anda tidak perlu lagi membeli TV kalau sudah punya hp Android. Karena, saat ini sudah banyak sekali aplikasi Android yang memungkinkan kita untuk menonton siaran TV secara langsung di hp, salah satunya itu adalah Mivo TV for Android. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melihat acara favorit Anda di TV atau pun mengetahui informasi penting yang saat ini muncul di TV, tanpa harus buang-buang uang lagi membeli TV. Hebatnya lagi, dengan menggunakan perangkat hp Android, Anda bias menonton TV di mana pun dan kapan pun, selama Anda masih terhubung ke internet.

Salah satu fitur yang banyak disukai oleh pengguna aplikasi Mivo TV ini adalah bisa menonton Channel TV luyar negeri tanpa harus membayar biaya bulanan loh! TV kabel atau pun yang pakai receiver pasti kalah dengan hp Android saat ini. Anda lebih baik membeli paket internet dan streaming saja untuk hp Android Anda, agar bisa nonton siaran TV sepuasnya serta bisa internetan juga pastinya.

Namun, banyak yang menganggap kalau streaming TV di hp Android itu pasti kualitasnya buruk. Tunggu dulu ya! Dengan menggunakan aplikasi Mivo TV ini, Anda bisa menyaksikan tayangan TV dengan kualitas terbaik, mulai dari Standar Definition (SD), sampai High Definition (HD). Kecuali layar hp Android Anda yang memang belum HD, tentu tidak akan bisa. Kalau Anda ingin membuktikannya, silahkan Anda download aplikasi Mivo TV tersebut di hp Android Anda, lalu lihat sendiri hasilnya.

2. Menyalakan mobil dengan smartphone

Kecanggihan sistem dari smartphone, seperti hp Android saat ini memang tidak berhenti dikembangkan. Salah satu pengembangan terkini itu adalah bisa menyalakan mobil dengan hp Android. Kecanggihan dari hp Android ini sudah seperti di film-film Hollywood ya! Bahkan, Anda tidak harus berada di dekat mobil Anda tersebut untuk bisa menyalakannya. Misalnya saja, Anda sedang berada di negara lain, dan khawatir kalau mobil Anda tidak ada yang memanaskannya setiap hari, maka Anda bisa meremotenya lintas negara loh! Sayangnya, kelebihan ini juga termasuk kekuragannya menurut Saya sih, apalagi kalau sedang tidak dalam kondisi netral.

Tapi, dengan aplikasi Android ini, tentunya Anda bisa tetap aman dengan fitur Lock dan Unlock-nya. Sehingga, kalau pun mobil Anda dinyalakan dari jarak jauh, Anda tidak perlu khawatir lagi. Namun, aplikasi canggih untuk hp Android ini ternyata harus dibeli dengan harga yang cukup mahal juga. Misalnya, untuk Anda yang ingin membuka fitur Viper Smartstart Bluetooth Module seharga $149 dan GPS Module itu seharga $399.

3. Bisa dijadikan host untuk website sendiri

Sistem operasi yang terpasang pada hp Android ini menggunakan platform dari Linux. Itu artinya, Anda bisa menginstall aplikasi lainn yang berbasis platform yang sama juga kan? Dan, untuk Anda yang sering membuat website dan tidak bisa membayar biaya hosting perbulannya, bisa memanfaatkan hp Android Anda sebagai servernya. Karena, Anda bisa menginstall aplikasi Web server secara lengkap, mulai dari Mysql Database, PHP Support, dan juga FTP untuk proses transfer filenya. Sedangkan untuk aplikasi web hostingnya itu, Anda bisa menggunakan KSWEB: server + PHP + MySQL APK. Sangat mudah bukan? Pastikan saja kualitas jaringan internet Anda cukup kuat menampung jumlah pengunjung website Anda.

4. Menginstall OS Linux

Seperti yang telah Saya tuliskan pada poin di atas sebelumnya, di mana sistem operasi Android ini berbasis Linux, sudah tentu sistem operasi Linux juga bisa diinstall pada perangkat ini. Bahkan, Anda bisa menginstall sistem operasi Linux versi Desktop loh! Kan, hebat tuh kalau Anda terlihat bisa membawa sebuah komputer di dalam saku Anda.

Caranya pun cukup mudah sih, bahkan tidak perlu melakukan root. Anda cukup menggunakan aplikasi yang bernama Debian noroot, maka Anda bisa dengan mudah memindahkan sistem operasi Linux ke dalam hp Android Anda langsung. Saya sudah pernah menuliskan cara-caranya di artikel yang berjudul “cara install Linux di hp Android“.

5. Membuat aplikasi Android langsung di hp Android

Hal keren lainnya yang ada pada perangkat hp Android itu adalah bisa membuat aplikasi Android sendiri. Kalau Anda pernah mendengar orang membuat aplikasi Android harus dari perangkat PC atau laptop, kini dengan modal hp Android saja, Anda bisa membuat aplikasi sendiri loh! Aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk ini bernama AIDE, yang merupakan aplikasi gratisan untuk Anda yang ingin membuat aplikasi Android dari hp Android sendiri. Sangat cocok untuk Anda yang memang seorang programmer, sehingga bisa mengerjakan project di mana pun dan kapan pun juga.

6. Bisa mengenali tempat

Untuk Anda yang ingin traveling atau liburan bareng keluarga atau teman ke tempat yang baru, maka hp Android Anda bisa sangat membantu. Karena, cukup dengan menginstall aplikasi yang bernama Google Googles, maka Anda bisa dengan mudah mengenali setiap tempat asing atau pun gedung dan monumen yang tidak Anda kenali.

Aplikasi Google Google ini memiliki fungsi seperti mesin pencari Google dengan memanfaatkan foto atau gambar di hp Android Anda untuk mengenali tempat atau monumen tersebut. Hebatnya lagi, aplikasi ini bisa juga membaca petunjuk yang menggunakan bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Spanyol, Portugis, Rusia, dan Turki, lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau pun bahasa lain yang bisa Anda mengerti. Ada juga fitur QR Code atau barcode Scanner dari aplikasi Google Googles ini, kalau nantinya Anda memerlukannya saat berwisata. Keren kan?

7. Bisa dipasangkan flashdisk untuk media penyimpanan eksternal

Kalau ternyata kapasitas dari hp Android Anda itu kecil, dan ingin menampung semua foto-foto atau video saat Anda traveling atau liburan, maka Anda bisa memanfaatkan flashdisk sebagai media penyimpanan internalnya. Gimana caranya pasang flashdisk ke hp Android? Portnya kan kecil di hp?

Sekarang ini sudah ada teknologi konverter yang bernama USB OTG berupa kabel dan ada juga yang sudah berupa flashdisk OTG. Sehingga, semua perangkat yang menggunakan port USB tersebut bisa Anda pasangkan dengan hp Android Anda, seperti keyboard USB, printer USB, dan lainnya. Dengan menggunakan USB OTG ini, Anda tidak perlu lagi khawatir akan kekurangan media penyimpanan di hp Android lagi kan?

Akhir kata

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh hp Android, yang kemungkinan smartphone lainnya tidak bisa melakukannya. Kalau masih ada tambahan, silahkan Anda titip pada kolom komentar ya!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY