Terhitung udah hari ketiga kita sama-sama udah menjalani tahun 2019. Di tahun yang baru ini biasanya sih emang banyak yang pada sibuk ngerancang dan nentukan sebuah resolusi, Cuma biasanya sih seperti yang udah disebutin kemaren kebanyakan resolusi itu mah sama kayak tahun-tahun sebelumnya. Yang Cuma sekedar pemanis sosial media haha.

Tapi kali ini kita gak bakal ngomongin soal resolusi lagi nih, tapi kita bakal ngomongin apa aja kejadian yang udah menghebohkan banyak orang sepanjang tahun 2018 kemaren.

Seperti kata pepatah apa yang sudah kita lalui itu hanya bisa menjadi cerita, kamu-kamu pasti tahun 2018 kemaren punya banyak cerita kan? entah itu kamu akhirnya berhasil jadian setelah sekian lama sendirian atau mungkin kamu pada akhirnya harus menerima kenyataan disaat si dia yang selama ini kamu jaga ternyata jodoh orang.

Setiap orang pasti punya cerita masing-masing lah ya, tapi diantara semua cerita itu ada banyak hal yang paling menghebohkan sepanjang 2018. Ya sebut saja soal video yang mirip ama penyanyi pendatang baru itu, masih inget kan? atau mungkin masih nyimpen juga videonya buat dijadiin bahan? Haha pasti deh ada yang gitu, apalagi kata orang “Cuma link yang bisa menghilangkan semua perbedaan” haha.

Cuma bukan itu aja sih yang udah bikin heboh Indonesia, tapi masih ada banyak hal lain yang menghebohkan yaitu soal politik. Yang bahkan karena hal seperti itu malah berimbas ke berbagai peristiwa di Indonesia, apa saja? Yuk kita bahas bersama.

Kartu Kuning Zaadit

Disaat beberapa orang masih berusaha melakukan resolusinya seperti yang sudah-sudah, awal tahun 2018 kemaren kita udah disuguhkan dengan aksi Zaadit Taqwa yang pada momen Dies Natalis UI yang ke 68 beraksi seperti wasit sepakbola. Tapi yang dikartu kuning bukan pemain bola melainkan Presiden Indonesia.

Hal itu dilakuka karena Zaadit merasa kecewa dengan peraturan baru organisasi dan juga isu gizi buruk yang dialami suku Asmat. Hal ini langsung menjadi viral di sosial media dan menghebohkan Indonesia dari yang pro dan kontra.

Indonesia 2030

Seperti biasa setiap pergantian tahun biasanya para praktisi supranatural pada sibuk mengeluarkan ramalannya tentang apa saja yang bakal terjadi di tahun itu. Tapi ada satu hal yang menarik tentang ramalan di tahun 2018 kemaren, yang meramalkan kalau Indonesia di tahun 2030 akan bubar.

Ya tahulah ya ramalan itu seperti apa? Cuma karena hal itu satu Indonesia pada heboh. Dan hebohnya seperti biasa ada yang pro dan kontra. Yang satu sibuk mendukung yang satu sibuk membantah, tak jarang juga ada yang malah menjelek-jelekkan atau mengalihkan dengan kejelekan yang lain.

Oplas Ratna Sarumpaet

Indonesia sebenernya punya banyak aktivis dari yang muda sampai yang senior, dan salah satu aktivis senior yang terkenal paling vokal sejak lama adalah Ranta Sarumpaet.

Tahun 2018 kemaren Ibu dari Atiqa Hasiholan itu udah bikin heboh Indonesia, yang bahkan sampai para elit politik pun ikut angkat bicara. Hal tersebut karena aktivis senior tersebut mengaku jika ia habis dipukuli oleh orang tak dikenal yang membuat wajah dan tubuhnya lebam bahkan sampai mentgalami trauma berat. Tapi ternyata yang dilakukannya hanyalah kebohongan yang katanya karena pengaruh setan.

Pidato “Game of Thrones”

Indonesia di tahun 2018 kemaren terlibat cukup banyak dengan agenda Internasional, dan salah satunya adalah pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia.

Hal seperti itu sebenernya bukan hal baru, tapi karena pidato “game of thrones” yang dilakukan oleh Bapak Presiden di depan perwakilan negara-negara lain, pun memantik kehebohan buat masyarakat Indonesia. Tapi yang heboh ya bukan karena isi pidatonya yang salah tapi yang heboh itu karena ada yang pro dan kontra.

Tempe Setipis ATM

Beberapa tahun belakangan gaya kampanye di Indonesia memang sudah berubah, yang tadinya kampanye di tempat luas dengan panggung besar sambil teriak-teriak gak jelas, sekarang mulai dilakukan dengan cara blusukan.

Tapi ada satu elit politik yang bikin heboh karena blusukannya, lantaran saat blusukan ke pasar ia malah menyebut kalau sekarang tempe yang jadi salah satu bahan makanan sangat tipis. Bahkan tipisnya setipis ATM.

Hal itu menghebohkan, banyak yang setuju tapi banyak juga yang kontra. Dan seperti biasa kehebohannya lagi-lagi berasal dari dua kubu.

Tampang Boyolali

Tahun 2018 memang mengalami banyak pergesekan diantara dua kubu yang berseberangan pilihan politik. Apa saja hal yang disebutkan dari salah satu yang didukung, maka seketika itu juga akan menjadi kehebohan. Seperti saat salah satu kandidat yang berpidato soal tampang Boyolali.

Banyak yang menyayangkan hal itu tapi tak sedikit pula yang membela, dan seperti biasa ujung-ujungnya ya debat.

Penguasaan 51% Saham Freeport

Kita semua tahu lah ya bagaimana Freeport menggerus hasil bumi Indonesia, khususnya di tanah Papua. Tapi akhir tahun 2018 kemaren, Indonesia melalui pemerintah resmi mengumumkan jika Indonesia pada akhirnya dapat menguasai 51,2 persen saham PT. Freeport.

Sebenarnya hal seperti ini membanggakan, terlebih lagi sejak era orde baru Indonesia hanya mendapat bagian yang sangat kecil. Hanya saja hal ini tidak disambut baik oleh semua masyarakat Indonesia, dan pada akhirnya menjadi perdebatan lagi.

Well kayak gitu deh yang udah bikin heboh negeri ini sepanjang 2018, kira-kira bakal kayak gimana ya 2019 ini? Jujur sih kalau saya pribadi hal kayak gitu sama sekali bukan masalah, yang penting gak ngebuat keutuhan kita sebagai Negara Republik Indonesia terpecahkan dan silaturahmi kita sesama manusia jadi merenggang. Kamu-kamu setuju dong?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY