Sebagai orang Indonesia  jujur saja, saya sangat bangga dengan semuanya. Entah itu dari keanekaragaman budaya, adat sampai alam kita yang dari Sabang sampai Merauke itu penuh keanekaragaman satwa dan fauna. Yang saking banyaknya, sadar atau enggak negara-negara lain itu pada cemburu dengan Indonesia. Bikin bangga kan?

Udah jelas dong namanya juga Indonesia, Cuma sebenarnya sih masih ada lagi satu hal yang jadi keunikan Indonesia yaitu tingkah laku masyarakatnya yang kadang itu suka gak sadar. Apa sih yang sering gak disadarin itu?

Berani taruhan sih kamu-kamu ada yang kayak gini, langsung aja deh nih 8 hal yang paling sering gak disadarin orang Indonesia. Oh ya, bukan pengen jelek-jelekin ya Cuma ngerasa miris aja ama kejadian belakangan ini.

Berita HOAX tapi Gak Sadar

Majunya teknologi itu sebenarnya bagus banget buat kita, apalagi yang namanya sosial media. Kalau tadinya susah banget buat ketemu ama saudara nan jauh di sana, dengan adanya sosmed semuanya jadi serba mudah, terkhusus yang lagi LDR-an nih haha. Cuma ya tahu sendiri lah sekarang itu namanya sosmed gak dipake Cuma buat berkehidupan sosial, tapi malah udah dipake di luar konteks. Ya kalau bukan dipake buat pamer ya nyebar HOAX.

Nah, ini nih hal pertama yang sering banget gak disadarin ama orang Indonesia. Segitu ngeliat berita yang bikin panas hati dan perasaan udah gak peduli lagi mau itu bener apa kagak langsung disebar. Hayo pada sadar gak kalau kelakuan kamu itu termasuk provokatif? Gak kan? pasti pada tanya deh kok bisa termasuk provokatif? Ya iyalah bro! coba deh tujuan kamu nyebarnya itu untuk apa coba? Biar orang lain tahu kan? terus kalau orang lain tahu lantas dia juga marah? hayoo bukan provokatif tuh namanya? Mungkin juga sih karena hal ini jadinya HOAX susah dihilangkan dari Indonesia.

Marah Karena Dihina tapi Gak Sadar

Biasanya sih dimulai dari berita HOAX, karena namanya HOAX itu bakal ada yang pro dan kontra. Yang pro sibuk nyari alasan pembenaran terus yang kontra sibuk nyari alasan buat mematahkan pembenarannya. Bener kan?

Nah, anehnya diantara kedua belah pihak ini yang sering terjadi bukannya mengalah karena salah tapi marah meski salah. Abis itu ya udah mulai deh saling ngehina terus ujung-ujungnya marah ngamuk-ngamuk. Tapi paling kocaknya lagi, mereka ini makin pada gak sadar ama kelakuannya. Hayoo ngaku deh siapa kayak gini?

Ngehujat tapi Gak Sadar

Jujur sih saya jenuh banget dengan hal kayak gini yang udah kayak gak bakal pernah ada habisnya. Padahal sih sebenernya semua orang Indonesia itu tahu kalau yang namanya Indonesia itu beda-beda, Cuma ya karena udah kepalang emosi abis baca berita HOAX jadinya ngerasa paling bener deh, yang pokoknya siapa aja beda pendapat pasti salah dan boleh dihujat.

Mirisnya lagi, kelakuan kayak gini itu suka gak disadarin kalau sebenernya dia itu udah kemakan HOAX. Bener kan?

Macet tapi Gak Sadar

Yang namanya macet itu pasti ada penyebabnya, kalau bukan karena jalan rusak, ada yang kecelakaan sampai Cuma singgah bentar aja langsung macet (suka ada tuh yang kepo pengen tahu awalnya sih Cuma satu orang tapi karena penasaran makin banyak macet kan jadinya). Tapi yang jadi penyebab utama sih karena jumlah kendaraannya yang udah kelewatan, bener kan?

Macet itu emang udah jadi salah satu masalah di Kota-Kota besar di Indonesia. Cuma Ini nih hal yang sebenernya kocak banget nih dari kelakuan orang Indonesia. Yang udah tahu macet karena banyak kendaraan tapi tetep aja pada beli, tetep aja pada bawa kendaraan pribadi. Lucu kan? udah tahu macet tapi masih gak sadar juga, mirisnya lagi kadang ada yang sadar tapi orang lain yang disuruh ngalah ama dia.

Ngeluh tapi Gak Sadar

Jujur deh, suka heran tuh ama orang-orang yang dikit-dikit ngeluh ama pemerintah. Yang ngeluh bilang listrik mahal, ngeluh bilang bahan pokok mahal sampai yang terbaru (ini nih yang paling lucu) ngeluh karena BBM naik makin mahal. Tapi gak sadar hidupnya sendiri udah mahal, yang pengen punya perabotan canggih di rumah yang udah tahu makan listrik tapi dibeli juga, yang makannya serba mewah yang udah tahu bahan-bahannya mahal dibeli juga sampai yang paling konyol itu ngeluh BBM naik padahal dia sendiri hidupnya udah mewah. Punya mobil mewah, punya rumah mewah tapi kok ngeluh? Aneh kan?

Iya-iya tahu itu “aspirasi rakyat kecil” Cuma sih kalau emang peduli seharusnya jangan Cuma nyinyir aja harus ada aksi nyata dong, misalnya gak pake subsidi. Iya-iya tahu bentar lagi pilkada haha.

Buat Salah tapi Gak (Mau) Sadar

Terserah sih mau ngaku atau enggak tapi hal kayak gini emang udah sering jadi kelakuan sebagian orang Indonesia. Ambil contoh dari lalu lintas aja deh ya biar gampang (maksudnya biar ngena haha), seperti misalnya di lampu merah.

Sebenernya sih semua pengendara itu tahu kalau lampu udah merah itu tandanya berhenti, kalau enggak berarti itu melanggar. Dan yang namanya melanggar itu berarti salah bener kan? Cuma ya faktanya sih tetep aja dilanggar, bukannya berhenti malah nambah gas. Mirisnya lagi kalau ketabrak ngamuk-ngamuk mukulin orang, gebukin orang bahkan sampai ngebakar orang. Aneh kan? udah buat salah bukannya ngaku salah malah gak mau salah.

Well, namanya juga keberagaman sih ya pasti suka ada yang gitu deh. Tinggal kitanya aja gimana nanggepinnya, mau ditanggepin dengan sadar atau dengan cara kerasukan haha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY