Mengatasi Kesalahan Kerja oleh SegiEmpatKesalahan kerja atau human error menjadi perhatian utama yang harus diatasi oleh para pemimpin perusahaan. Masalah human error kini sepertinya semakin sering terjadi, pasalnya banyak tenaga kerja yang mengaku professional sebenarnya memang tidak siap untuk bekerja. Salah satu bukti nyata adalah masalah produktivitas yang masih menjadi kendala identik yang sulit untuk diatasi. Memang pada dasarnya kesalahan kerja menjadi hal yang wajar terjadi karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Namun bagaimana pun hal tersebut harus mampu diatasi oleh para pemimpin perusahaan. Nah, bagi Anda para pemimpin perusahaan berikut ini beberapa cara manusiawi untuk mengatasi kesalahan kerja.

Pahami Kesalahan Pekerja Anda

Mengatasi masalah human error mengharuskan Anda untuk memahami kesalahan terlebih dulu. Umumnya kesalahan kerja itu terjadi karena masalah kecerobohan. Nah, hal inilah poin pertama yang sebaiknya Anda lakukan, dari sinilah Anda kemudian bisa menentukan langkah untuk mengatasinya.

Perhatikan Sistem Kerja

Sistem kerja kadang menjadi masalah pertama yang menyebabkan terjadinya kesalahan. Nah, untuk mengatasinya maka Anda sebaiknya mulai memahami sistem kerja yang diterapkan. Jika sistem yang Anda terapkan memang terlalu berat untuk sebagian besar pekerja Anda maka sebaiknya Anda mengubahnya dan membuat sistem yang lebih mudah.

Bentuk Suasana yang Nyaman

Kejenuhan menjadi salah satu hal yang menyebabkan kesalahan kerja. Nah, maka dari itu sebagai pemimpin Anda pun harus berusaha untuk mengatasi kejenuhan di lungkungan pekerja Anda. Bentuk suasana yang nyaman dan penuh dengan kekeluargaan. Hal ini tidak hanya mampu mengatasi konflik tapi karena komunikasi bisa terbentuk dengan baik pekerja Anda pun jauh lebih mampu saling berkoordinasi untuk mengatasi atau menghindari kesalahan.

Beri Pelatihan

Mengatasi kesalahan yang dilakukan pekerja juga bisa Anda lakukan dengan memberi pelatihan kerja. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pekerja Anda.

Beri Motivasi

Kesalahan bisa berarti ketakutan yang serius bagi seorang tenaga kerja. Karena saat mereka melakukannya tentu mereka berpotensi menerima sanksi. Sanksi memang efektif untuk mengatasinya namun akan jauh lebih efektif jika Anda memberinya motivasi dan tanggung jawab yang lebih besar. Bukan berarti Anda memberikannya jabatan yang lebih tinggi namun memberikannya pengawasan secara langsung.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY