Saya setuju banget kalau ada orang bilang “masa remaja itu paling indah”. Gimana gak enak kalau mau ngapa-ngapain bebas, udah gitu masih dapat banyak sokongan dana dari orangtua. Tapi coba bandingin kalau udah sarjana, boro-boro dah disayang-sayang manja yang kalau pagi di bangunin untuk sarapan. Karena yang ada pagi-pagi itu kita bangun karena dengerin omelan nyokap yang ngomel karena udah lama sarjana tapi belum kerja. Yang ngalamin pasti tahu bener dah gimana rasanya, bisa-bisa bawaannya stres berat apalagi kalau waktu kuliah dulu pacarannya sampe offside.

Jujur ya saya sih gak maksud buat nyinggung kamu-kamu yang kayak gitu, cumin pengen ngasih tahu kalau dalam hidup itu ada banyak situasi yang bisa ngebuat kita jadi stres. Yang mana faktanya dikala stres itu sudah menumpuk bisa jadi racun buat hidup kita. Yang gak Cuma bikin malas geras, gak bersemangat tapi juga bisa ngebuat umur jadi lebih singkat. Gimana gak singkat kalau dikit-dikit bukannya mikirin yang seneng-seneng malah mikirin hal nekat.

Well, biar semua risiko itu gak kejadian sama hidupmu nih cara mengelola stres biar gak jadi racun di hidupmu sob!

Sering-Sering Merenung Asal Jangan Sampe Kesambet Setan

Ada orang bilang merenung itu gak sehat malah bisa kerasukan setan. Padahal sih sebenarnya merenung itu gak buruk-buruk amat asal dilakukan dengan cara yang tepat. Karena sebenarnya merenung itu bisa menurunkan hormon stres. Bahkan dari pengalaman sih merenung itu bisa ngebantuin kamu-kamu keluar dari masalah, yang penting sih kalau lagi merenung emang lagi mikirin solusi bukan malah mikirin mieyabi haha.

Stres itu Bikin Pesimis Biar Gak Jadi Pengemis Mending Mulai Berpikir Optimis

Ini emang lumayan susah karena kalau udah kepalang stres bawaannya emang pesimis mulu. Tapi coba deh kamu-kamu berani berpikir positif, dimana kamu mulai memvisualisasikan kualitas positif di situasi yang akan datang. Berani taruhan deh kalau kamu-kamu bakal gak stres lagi. Yang penting sih kamu tahu juga realitasnya kalau pikiran positif yang kamu visualisasikan Cuma bisa didapat dengan usaha.

Selalu Percaya Kalau Dibalik Semua Masalah Pasti Ada Hal Positif yang Bisa Jadi Pemanis Hidup

Kamu pasti pernah denger deh saran kayak gini, iya kan? menurut saya pribadi sih hal seperti ini emang bener banget. Bahkan dengan kamu berusaha untuk melihat hal positif kamu perlahan bakal bisa mengelola stres yang gak bikin kamu jadi kayak orang kesurupan waktu ditagih hutang haha.

Banyakin Ketawa jangan Tegang Mulu

Ketawa itu sehat karena ketawa bisa membuat hormon stres jadi menurun. Bahkan sekaligus bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi ketimbang tegang mulu kayak lagi ngebayangin mieyabi mending banyakin nonton film lucu deh sob!

Stres itu Obatnya Berkehidupan Sosial Bukan Bersosial Media

Ini nih yang paling bikin heran, dikit-dikit sosmed. Ngambek sama pacar, langsung curhat di sosmed. Gagal proyek langsung sosmed, ditolak gebetan langsung sosmed sampe gak dibeliin iphone X sama nyokap langsung sosmed juga.  Emang sih komentar atau perhatian dari temen bisa sedikit menurunkan stres, Cuma yang kamu butuhkan itu bukan teman di dunia maya tapi teman di dunia nyata.

Coba deh sob! kamu-kamu pada ngelakuin cara-cara di atas. Makin kamu sering saya jamin kamu bakal semakin handal menghadapi stres, karena emang yang namanya hidup itu gak ada yang gak bikin stres.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY