Kalau kecil dulu kita sering ditanya “kalau sudah besar nanti mau jadi apa?”. Pastinya Anda waktu itu juga menyebut dokter, polisi, pilot atau mungkin seorang pemadam kebakaran. Lantas apakah dewasa ini Anda masih menginginkan karir seperti itu?

Mungkin karena faktor usia cita-cita Anda di waktu kecil dulu sudah tidak lagi dapat Anda jalankan, atau karena Anda punya passion lain.

Cara Menemukan Karir yang Tepat oleh SegiEmpatMemilih karir yang tepat memang bukan perkara yang mudah, bahkan faktanya sekarang ini kebanyakan orang justru merelakan dirinya terjebak di sebuah karir yang sama sekali tidak diminatinya hanya demi mendapatkan penghasilan. Hal seperti itu tentu tidak masalah, selama Anda memang menginginkannya. Tapi untuk seorang yang mengejar kesuksesan tentu ia ingin punya karir yang tepat dan sesuai dengan minatnya. Apakah Anda tergolong sebagai orang-orang seperti itu?

Nah, saya punya 5 cara menemukan karir yang tepat, yang bisa membantu Anda.

Kenali Minat Anda

Hal ini memang sangat klasik karena seperti yang sudah banyak disebutkan oleh orang-orang sukses. Hanya saja hal ini memang penting karena dengan mengenali minat Anda punya dasar untuk menemukan karir yang tepat untuk diri Anda.

Hanya saja harus Anda ingat, ada kalanya minat cenderung tidak realistis. Misalnya “saya berminat ingin menjadi seorang Superman” yang tentu tidak mungkin. Kenali minat Anda, apa yang Anda suka lakukan saat bekerja, apakah Anda suka menjadi penulis, suka menjadi editor, suka menjadi programmer atau lain sebagainya.

Kenali Keahlian Anda

Nah, setelah Anda menemukan minat Anda maka selanjutnya yang jadi pertimbangan Anda adalah keahlian Anda. Kenali apakah keahlian Anda sesuai dengan minat Anda? jika tidak Anda mungkin bisa mencari karir yang sesuai kemampuan, tapi sebenarnya untuk soal keahlian Anda bisa melatih diri dan terus mengembangkannya.

Ya, jika Anda berminat pada satu bidang kembangkan dan terus latih kemampuan Anda di bidang itu.

Kenali Motivasi Diri Anda

Pada dasarnya motivasi terbagi menajdi dua, pertama promiton-focused yang merupakan orang-orang yang aktif, bekerja cepat, kreatif dan suka mengambil risiko. Jika Anda memiliki motivasi ini Anda sangat berbakat untuk menjadi seorang pebisnis atau setidaknya pekerjaan yang menuntut kreativitas dan risiko tinggi.

Sedangkan motivasi yang kedua adalah prevention-focused yang merupakan orang-orang yang senang dengan keseimbangan, keteraturan, berpikir analis, membuat rencana dan lebih mempertimbangkan matang-matang sebelum mengambil risiko.

Kenali Lingkungan Kerja yang Anda Inginkan

Jangan salah lingkungan kerja juga akan sangat membantu Anda dalam menemukan karir yang tepat. Karena hal ini akan berkaitan dengan kenyamanan Anda dalam menjalankan karir. Untuk itu, kenali apakah Anda lebih suka bekerja di lingkungan yang tenang atau di lingkungan yang ramai, bising dan penuh kesibukan.

Cari Tahu Gaya Hidup Seperti Apa yang Anda Inginkan

Nah, yang terakhir adalah gaya hidup impian Anda. Anda wajib mencari tahu seperti apa gaya hidup impian Anda. Bukan hanya tentang pendapatan tapi juga hobi Anda. Misalnya apakah Anda suka traveling? Apakah Anda suka berhubungan dengan banyak orang atau hal-hal sosial lainnya.

Semua hal tersebut saling berkaitan satu sama lain, jadi pastikan Anda sudah memikirkannya sebelum Anda memutuskan untuk memasuki karir yang baru.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY