Setiap tahun itu ada ratusan ribu Sarjana yang dengan bangga dan penuh senyuman menyongsong kelulusannya, sampe-sampe gak Cuma lemparin topi Toga tapi sampe ngebuat selempang yang tulisannya gak guna. Karena kebahagiaan kamu itu Cuma sementara.

Kalau menurut pribadi sih ya, emang pas lulus kuliah itu senengnya minta ampun. Gak lagi harus berurusan dengan dosen killer atau yang sangenya bikin muntah. Sesenangan itu Cuma sesaat bahkan saya bisa bilang “selamat datang di dunia nyata”. Dunia dimana kamu gak lagi dapet uang jajan dan tiap hari nyokap gak lagi bangunin buat kuliah tapi bakal “eh bangun pemalas cari kerja sana! Udah Sarjana kok masih nganggur!”.

Kamu-kamu boleh mikir “emangnya nyari kerjaan itu segampang nyari upil?” tapi sebagai seorang Sarjana pada akhirnya tujuan kamu selanjutnya adalah nyari kerja. Nah buat kamu-kamu para Sarjana harus tahu nih cara melamar kerja yang membuatmu ditolak perusahaan

Cara-Melamar-Kerja-yang-Membuatmu-Ditolak-Perusahaan-oleh-SegiEmpatNgasih Pas Foto yang Full Edit Plus Gaya Alay

Menurut temen saya nih ya yang seorang HRD di salah satu perusahaan BUMN di tanah air, salah satu alasan yang ngebuat dia mindahin berkas lamaran orang ke kelompok pelamar yang ditolak itu adalah pas foto yang ada di dalam berkas lamarannya. Jangan salah pas foto yang sederhana itu nunjukin kamunya kayak gimana, kalo kamu ngasihnya pas foto yang full filter apalagi dengan gaya alay kamu udah jelas bakal ditolak. Kecuali yang CEO di perusahaan itu keluarga kamu.

Wawancara Kerja Kayak Anak yang Lugu dan Polos

Wajar sih namanya juga baru lulus dan gak berpengalaman. Jadinya kebiasaan di kampus yang lugu dan polos kebawa sampai ke dunia kerja, yang istilahnya “tiba masa tiba akal” yang gak ada persiapan sama sekali.

Gak salah kalau kamu ngomong jujur gak tahu Cuma kalo kamu pengen diterima kerja kamu harus cari tahu tentang perusahaan yang kamu lamar. Ibarat ngelamar pacar nih, masa sih kamu ngelamar tanpa kenal dia dulu?

Kelewat Jaim Biar Dibilang “Perfect”

Ngelamar kerja itu emang harus nunjukin kalau kamu adalah calon pekerja yang potensial. Cuma yang harus kamu ingat, ngelamar kerja itu gak harus jaim kayak kucing yang lagi pengen ikan! Yang kalo dilihat gak tertarik tapi giliran mata ngeliat lain tuh ikan udah diembat. Santai saja, ngomong jujur apa adanya gak usah kelewat perfect! Sikap yang kayak gitu juga bakal jadi pertimbangan HRD yang ngebuat lamaran kamu ditolak.

Pengennya Dibilang Terampil Tapi Ujung-Ujungnya Malah Nyombongin Diri

Kalau lagi wawancara kerja gak usah kelihatan maksa, jangan kelewat jaim tapi jangan kelewat terampil juga. Apalagi kamu ngomong dengan nada sombong sambil ceritain pengalamanmu. Gak papaa sih kamu pengen kelihatan cakap tapi gak usah kelewatan.

Dateng Wawancara Kerja Kayak Ke Kondangan

Ngelamar kerja yang dilihat HRD itu gak Cuma berkas lamaranmu, tapi sikap dan penampilanmu. Kalo kamu dateng wawancara kerja dengan tampilan yang kayak pengen ke kondangan atau bahkan cuek abis dengan celana pendek sandal jepit plus tindik mulai dari telinga sampe ke bulu idung bisa dijamin kamu bakal diterima. Maksudnya diucapkan “udah masukin lamaran kerja dan kamu boleh pulang gak usah datang lagi!”.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY