Pernah gak ke mall buat beli sepasang baju tapi pas pulang-pulang malah bawa sepuluh kantong belanja, yang isinya tas, sepatu, jam tangan sampai barang yang sama sekali gak perlu?

Biasanya sih yang kayak gitu seringnya terjadi sama cewek-cewek, yang niatnya Cuma beli satu barang tapi jadi sepuluh pasang yang dibawa pulang. Yang ujung-ujungnya barang yang dari rumah udah diniatin buat dibeli malah gak kebeli.

Well, jangan keburu salahin penjualnya dulu yang emang sengaja narik konsumen dengan diskon ala supermen lagi naik gondola, yang tiap saat kadang diskonnya naik kadang turun. Soalnya hal kayak gitu sebenarnya malah yang salah kamu sendiri, yang kalau udah ngeliat diskon langsung kesurupan.

Kalau emang punya kelebihan duit sih gak masalah tapi kalau duit malah pas-pasan? Masa sih harus rela kredit lagi Cuma buat muasin mata? Untuk itu ketimbang kamunya belanja kayak orang kesurupan, yang ujung-ujungnya isi dompet malah penuh dengan kertas tagihan, nih cara cerdas belanja biar tak lapar mata.

Biar Tabungan Gak Kayak Abis Kena Tsunami yang Tersapu Bersih Sebelum Tanggal Gajian Sediakan Shopping Account yang Terpisah

Menurut Prita H. W, dalam bukunya yang berjudul ‘Make it Happen!’ menyediakan akun khusus untuk belanja merupakan cara yang penting buat kamu lakukan. Dimana kamu menyediakan satu tabungan khusus yang berbeda dengan biaya operasional bulanan. Ini supaya kamu-kamu udah punya batas saldo yang bisa kamu habisin buat belanja. Dan yang terpenting kamu gak ngalamin yang istilahnya “gaji 5 koma” yang 5 hari gajian udah koma haha.

Biar Gak Makin Kesetanan Selalu Sediakan Teman Belanja Biar Ada yang Mengingatkan

Usahain supaya kamu kalo belanja itu gak sendirian, karena kalau kamu sendirian kamu gak Cuma berisiko kerepotan tapi kamu juga berisiko tinggi jadi kesurupan kalau udah ngeliat barang diskonan. Kamu bisa ngajakin seseorang waktu belanja tapi bukan yang sama-sama suka kalap ya, tapi teman yang bisa mengingatkan biar kamu gak kalap. Kalau kamu udah nikah sih, bagusnya minta ditemenin suami yang emang bawaannya kritis dan berpikiran logis. Lumayan kan selain ada yang mengingatkan pulang-pulang juga ada yang bawain belanjaan haha.

Mall itu Penuh dengan Pengalihan Jadi Biar Gak Kejebak Sediakan Wish List dan Fokus dengan itu

Kamu sebenernya sadar sih kalau mall itu penuh pengalihan, bukan Cuma kamu bisa ngeliat cowok yang setampan aktor plastik impian tapi emang ada banyak barang yang ditawarkan dengan diskon gila-gilaan apalagi kalau udah masuk waktu lebaran. Karena itu biar kamu gak gila-gilaan belanja sediain wish list atau daftar belanja dan fokus dengan daftar itu jangan fokus ke yang lain.

Biar Gak Kalap Karena Lapar Mata Sediakan Jeda pada Otak Buat Menata Perlu atau Tidak Membelinya

Masih menurut Prita nih, katanya saat belanja penting banget biar kamu-kamu ngasih jeda waktu pada otak buat berpikir. Kalau menurut Prita sih 10 second rule, yang mana kamu menyediakan waktu 10 detik biar otak berpikir apakah kamu emang perlu dan butuh atau Cuma sekedar pengen aja. Kalau emang butuh dan perlu ya udah beli aja, tapi jangan juga karena kebutuhan 10 tahun depan udah dibeli dari sekarang.

Menurut saya sih 4 cara di atas udah bisa ngehindarin kamu dari kalap mata begitu masuk mall, tapi ya kembali ke diri masing-masing lagi pengen atau enggak nerapinnya. Bukan Cuma pengen di mulut aja tapi pas belanja kalap juga.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY