Salah satu masalah klasik yang sampai sekarang ini masih terjadi di tanah air adalah masalah lapangan pekerjaan. Lulusan Sarjana atau SMA setiap tahunnya tidak sebanding dengan seberapa banyak lowongan pekerjaan yang tersedia. Hal ini pun makin diperparah dengan ulah segelintir orang untuk meraup keuntungan untuk dirinya sendiri.

Cara Agar Tidak Tertipu Lowongan Kerja Palsu oleh SegiEmpatDi dunia maya sekarang ini, ada banyak lowongan pekerjaan yang ternyata palsu. Hal tersebut sengaja dilakukan orang-orang untuk menjebak pengunjung agar bisa mendapatkan banyak pembaca. Bahkan salah satu fakta yang pernah saya temukan, pernah ada sebuah perusahaan yang sengaja mengiklankan lamaran pekerjaan hanya untuk mendapatkan foto copy ijazah pelamar untuk mereka manfaatkan demi kepentingan perusahaan.

Nah, pastinya Anda para pencari kerja tentu tidak mau tertipu dengan hal seperti ini bukan? Apalagi kalau Anda sendiri sudah sangat membutuhkan pekerjaan. Tidak mau kan setiap hari diomelin orang tua? Apalagi kalau sudah mengatakan “tidur mulu’ kerjanya! Cari kerja sana!!”. Untuk Anda, saya punya beberapa cara agar tidak tertipu lowongan kerja palsu.

Waspada dengan Iklan Lowongan yang Terlalu Banyak dan Terlalu Sering

Salah satu hal yang paling membedakan antara lowongan kerja asli dan palsu adalah kerahasiaannya. Lowongan kerja asli, umumnya tidak melakukan pengiklanan secara besar-besaran, hal tersebut karena tentu perusahaan hanya membuka lowongan secara terbatas. Berbeda dengan lowongan pekerjaan yang palsu. Karena tujuan utamanya untuk menipu tentu saja mereka akan melakukan segala cara untuk menjaring korbannya.

Jangan Mudah Tertipu dengan Persyaratan Minim dan Gaji Tinggi

Bagi masyarakat tanah air, saat melihat lowongan pekerjaan maka hal pertama yang jadi pusat perhatian adalah persyaratan dan gaji yang ditawarkan. Hal ini sebenarnya merupakan poin yang paling disukai para penipu. Karena mereka tahu kelemahan itu, maka mereka akan memberikan persyaratan yang minim dengan menawarkan gaji tinggi. Tujuannya tentu untuk menipu para pencari kerja.

Laukan Double Cek

Ini adalah cara paling ampuh agar Anda tidak tertipu. Lowongan pekerjaan yang jelas tentu akan memberikan nama perusahaan yang jelas. Nah, Anda bisa mencatat nama perusahaannya dan lakukan double cek. Anda bisa menghubungi nomor telepon pihak perusahaan secara langsung untuk mengecek kebenarannya. Tapi disini Anda juga harus hati-hati karena bisa saja nama perusahaan yang dituliskan abal-abal. Untuk itu sebaiknya Anda mencari informasi lebih lanjut, tidak sulit kok kan ada om google.

Lowongan Kerja Asli Tidak Memungut Bayaran

Nah, poin ini penting untuk Anda ingat. Perusahaan apapun yang membuka lowongan tidak akan pernah memungut bayaran dengan alasan apapun. Jadi pastikan Anda tidak tertipu saat Anda dikabari Anda diterima tapi diminta membayar sejumlah biaya, entah itu biaya administrasi, pelatihan, seminar atau baju seragam. Kalau pun memang ada biaya itu baru diberlakukan saat Anda sudah resmi bekerja, bukan sebelum Anda duduk di meja kerja Anda. Jika Anda menemukan itu, pastikan Anda melaporkan ke pihak kepolisian.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY