Utang itu nyatanya emang jadi salah satu tema yang sensitif, bukan Cuma karena kadang ada tipe orang ngutang yang suka amnesia tiba-tiba, tapi ya emang suka ada yang tiba-tiba jadi sensitif.

Yang namanya utang itu emang punya dua sisi yang berbeda. Cuma bedanya ya pas pengen ngutang bawaannya jadi sok lucu, sok miskin, sok paling merasa butuh bantuan, sok imut, sok manja demi dikasihani. Tapi pas giliran ditagih hmm tiba-tiba jadi lebih galak ketimbang bokapnya cewek cantik.

Maka dari itu menagih utang ke teman bisa dibilang sebagai salah satu problem yang legend banget, maksudnya legend banget susahnya. Ya gimana pas ditagih kalau gak pura-pura lupa, tiba-tiba amnesia ujung-ujungnya suka

Nah, buat kamu-kamu yang pengen nagih tapi takut jadi ngerusak pertemanan kalian nih 4 cara aman nagih utang ke teman biar sama-sama enaklah.

Sarkas

Karena nyatanya orang ngutang yang bayarnya tepat janji itu suka jadi “salah satu keajaiban dunia” kamu bisa coba dengan ngobrol sarkas ke dia. Ya maksudnya nyindir-nyindir dia gitu deh. Cuma mesti pas momen juga, misalnya waktu lagi ketemu di tempat makan.

Gak usah masang muka gak santai, kamu sapa aja kayak biasa tapi sekalian nyindir. Misalnya “eh sob! ketemu di sini, asekk nih lagi dua-duaan nih ciyee yang lagi tajir”.

Atau misalnya sewaktu kamu nongkrong, lupain dulu deh akun-akun cewek/cowok cakep itu. Tapi buka aplikasi toko online terus nyari satu barang yangkamu pengen terus liatin ke dia yang ngutang. Bilang aja “ehh liat deh bagus nih” biasanya kan doi bakal bilang “apaan? Mana coba liat”, pas kamu liatin ya bilang aja “pengen banget soalnya kebetulan lagi butuh tapi duit gak cukup kurang (sebutin jumlah utangnya dia)”.

Cara kayak gini biasanya ampuh banget sob! karena kalau doi udah tersinggung ya biasanya bakal langsung inget kalau punya utang terus bayar.

Manfaatin Momen Pas Patungan

Temenan apa-apa itu suka bareng, nah ini momen yang pas juga nih sob buat nangih utangnya dia. Ya anggaplah kamu lagi pengen ke panti pijat bareng (gak usah kebanyakan ngeles deh!) terus pas bayar kamu udah janjian buat patungan bayar pijetnya (biasanya sih bayar pijetnya dikasir ya, yang itu ama tukang pijetnya hahaii).

Nah pas bayar ya udah bilang aja “duh bro! duit gue Cuma segini nih ATM juga dipinjem nyokap, gimana dong? eh iya kamu kan kemaren ada utang kamu bayarin ya!”. Kekurangannya sih kamu gak dapet duit yang diutangin, kelebihannya ya utangnya ke kamu lunas.

Utangin Balik

Nyatanya orang ngutang itu suka lupa, suka amnesia, suka bohong gak punya duit plus sensitif waktu ditagih. Nah ketimbang kalian jadi gak enakan ya udah mending utangin balik aja. Kamu bisa manfaatin momen kayak di atas atau mungkin lagi nongkrong di kafe. Yang perlu kamu lakuin ya pura-pura lupa dompet aja, pas mau bayar tinggal ngomong “eh sob! gak bawa dompet nih bayarin dulu ya! kan utang  kamu juga belum kebayar tuh ya udah impasin aja ya!”. Yang penting jumlah nominal kamu ngutang ke dia gak lebih banyak. Kalau lebih banyak takutnya dia nagih nanti plus ngutang.

Ceritain Soal “Azab Kubur”

Kalau cara-cara di atas masih gak ngebuat doi bayar utangnya, kamu bisa lakuin cara ini sob! biasanya sih bakal ampuh banget

Jadi ya misalnya nih ya kamu ama dia lagi nongkrong gitu, pas udah gak ada tema yang hisa kamu obrolin kamu coba ngomongin soal film aja. Tapi filmnya bukan action apalagi drama melainkan soal azab kubur gitu. Mulai aja dengan nanya-nanya kayak “ehh kemaren kamu nonton TV gak?”.

Kalau doi udah ngerespon kamu ceritain aja misalnya, “kemaren sempet nonton tuh azab yang lebih ngeri sob! jadi yang meninggal itu meninggalnya kesakitan banget, udah gitu badannya borokan gitu sampe ulatan, pas dimandikan gak ilang-ilang, udah gitu pas dikubur pas mau dimasukin ke liang lahat ehh tiba-tiba ada buaya serem deh! Dari ceritanya sih yang kena azab itu waktu hidupnya suka ngutang tapi suka lupa bayar”.

Orang normal sih pasti bakal bayar, kalau enggak mungkin emang udah waktunya kamu sewa debcollector.

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY