Manusia Merdeka  1 oleh SegiEmpatMerdeka sejatinya memiliki arti yaitu terbebas dari segala bentuk penindasan. Bagi masyarakat tanah air kata merdeka adalah sebuah kata yang sangat bersejarah, dimana negara Indonesia tercinta berhasil terlepas dari masa penjajahan. Sejak 17 Agustus tahun 1945 secara resmi Indonesia di kenal oleh seluruh bangsa dan negara yang ada di dunia sebagai negara bebas. Tapi apakah Anda sudah menjadi manusia yang merdeka seutuhnya? Tanpa terjajah oleh orang lain atau terbebas dari semua keinginan Anda yang dapat menghancurkan hidup Anda sendiri maupun orang lain.

Pada dasarnya manusia memang memiliki segudang keinginan yang besar, namun sebenarnya hanya ada beberapa keinginan yang dapat terwujud sementara sebagian besar lainnya hanya sebatas angan tanpa bisa terwujud. Pernahkah Anda berada dalam kondisi seperti itu? Apakah Anda termasuk salah satu manusia yang takut jika keinginan Anda tidak terpenuhi? Jika betul berarti Anda adalah manusia yang belum merdeka seutuhnya. Satu hal yang harus Anda sadari adalah kendalikan hidup Anda dengan tidak mengorbankan diri sendiri maupun orang lain.

Mengambil kendali dalam hidup Anda sendiri adalah satu-satunya cara menjadi manusia merdeka seutuhnya atau bisa diartikan sebagai sebuah kebebasan sejati. Untuk mengambil kendali terhadap hidup Anda pun membutuhkan beberapa faktor lain untuk menunjang Anda menuju kearah sana, anatara lain:

Kenali Diri Anda Sendiri

Kebanyakan orang pandai menilai orang lain tanpa bercermin terhadap diri mereka sendiri. Hal ini sebenarnya hal normal yang disebabkan oleh ketakutan Anda dengan diri Anda sendiri yang tanpa Anda sadari sedang merangkut erat diri Anda. Siapa Anda?Apa yang Anda inginkan dalam hidup Anda? Adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab dengan jujur. Saat Anda telah menemukan jawabannya dan menyadari apa salah maka saatnya Anda bergerak untuk mengubahnya.

Ubah Reaksi Anda

Dalam keadaan tertentu seseorang bisa menjadi begitu datar dalam menggapi sebuah hal tapi dalam kondisi yang berbeda ia juga bisa beraksi tanpa terkendali. Saat berada dalam kondisi seperti itu maka sebaiknya Anda mengubah rekasi Anda dan sadari, pikirkan dengan tenang bagaimana Anda harus bereaksi. Saat Anda dapat melakukannya maka Anda mulai memegang kendali terhadap diri Anda.

Kembangkan Diri Anda

Dalam kehidupan setiap manusia harus memiliki tujuan hidup, tanpa itu Anda hanya akan berjalan tanpa arah dan tidak bisa menyadari kemampuan Anda. Padahal sebenarnya tanpa Anda sadari Anda memiliki kemampuan yang lebih dari sekarang ini. Sebaiknya Anda menemukan dan mengembangkan diri Anda, cari tahu apa tujuan hidup, bagaimana Anda bisa sampai kesana adalah proses yang harus Anda lalui. Saat Anda sudah berada di titik seperti itu maka lakukanlah yang terbaik dan terus kembangkan nilai-nilai Anda. Ingat berada di zona nyaman memang adalah hal yang sangat menyenangkan tapi jika Anda tidak bergerak keluar apa yang selama ini Anda inginkan tidak akan tercapai..

LEAVE A REPLY