Kamu-kamu udah bukan anak TK lagi kan yang mesti dijelasin tujuan dan manfaat nabung itu untuk apa? ya karena kita-kita semua pasti udah tahu itu semua kan?

Nah, Cuma yang jadi masalah selama ini nabung itu sering Cuma niat aja atau Cuma sekedar wacana. Ya bisa diblilang sih fiksi juga, karena nyatanya mah nabung yang bermanfaat itu malah susah buat dilakuin. Bahkan ada tuh beberapa orang yang sebenernya bisa nabung tapi gak nabung, jadinya malah kayak cewek dateng bulan. Yang abis seminggu gajian bawaannya jadi sensian haha.

Nabung itu emang kesannya sederhana, ya apa sih susahnya untuk menyisihkan beberapa uang untuk ditabung biar bisa makin banyak di masa depan. Cuma ya itu secara teori tapi nyatanya? Kamu tahu sendiri kan susahnya kayak gimana? boro-boro bisa ditabung kadang seminggu abis gajian makan enak sisanya minum promaggh hahaha.

Pakai Fasilitas Autodebit

Sekarang sih hampir semua perusahaan maupun penghasilan yang datangnya dari orangtua (masih dibiayain haha) pasti sudah lewat bank. Nah, ada tuh fasiltas yang bisa kamu manfaatin buat mastiin kamu nabung yaitu autodebit.

Jadi tiap kali gaji kamu dari kantor atau ayah Ibu masuk maka secara otomatis kamu bakal nabung karena gaji kamu bakal dipindahkan ke tabungan kamu yang lain. Biar gak ditilep sendiri pas duit lagi cekak, pastikan kamu gak pake ATM. Emang mau ngantri di teller bank Cuma buat narik duit beberapa ratus ribu? Males kan?

Yang Ditabung itu Gaji Bukan Sisa Gaji

Kamu-kamu sih pasti udah tahu deh yang ditabung itu yang mana. Cuma kalau kamu nabungnya mesti nunggu ada sisa duit lebih di akhir bulan ya itu sih namanya nabung sisa gaji.

Kalau kamu emang pengen bener-bener nabung nih, mending pas gajian langsung ditabung jangan tunggu nanti ada sisa. Karena kalau kayak gitu bisa dipastikan gak ada yang tersisa. Karena biasanya sih kalau masih ada saldo ada aja tuh kebutuhan yang sebenernya gak butuh-butuh amat.

Susun Anggran Per Hari dengan Rinci dan Pastikan Jangan Melanggar Aturanmu Sendiri

Ini penting banget nih sob! tujuannya ya biar kamu gak kalang kabut karena kehabisan duit karena nabung.

Jadi itung deh tuh semua biaya, dari sarapan, kost-an, listrik, air, makan siang, biaya transport plus biaya lain-lain. Kalau udah tahu seberapa banyak ya udah jangan ditambahin lagi kayak uang cukur bulu idung. Sisanya ya ditabung deh, simpel kan?

Biasakan untuk Menyediakan Uang dengan Jumlah Tertentu Setiap Kali Kamu Jalan

“makin banyak uang kamu pegang makin gampang kamu tergoda untuk belanja”. Dari pengalaman sih ini nih yang sering jadi masalah, bener kan?

Makanya biar gak ngabisin duit mending sediain deh duit dengan jumlah tertentu. Ya gak usah berlebihan seperlunya aja dan pastikan juga kamu bisa sedia uang receh. Seperti pecahan lima ribu, sepuluh ribu, dua puluh ribu atau yang paling banyak lima puluh ribu. Ini biar kalau mendadak pengen bayar tertentu kamu gak mesti mecahin duit gede yang biasanya sih kalau udah pecah bakal cepat habis.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY