Setelah lebaran yang sering terjadi itu kalau bukan badan jadi lebar-an ya keuangan yang jadi kayak kena penyakit kronis. Yang awalnya kayak sehat-sehat aja gitu, dompet masih rada gendutan terus tiap masukin kantong masih bisa nemu kertas hijau atau biruan. Tapi setelah lebaran, dompet malah jadi kurus kering, kantong isinya Cuma struk belanja ampe ke ATM aja tiap kali mau narik duit yang keluar “maaf saldo tidak mencukupi untuk melakukan transaksi ini”.

Hayoo pasti ada yang ngalamin kejadian kayak gitu kan? ada banyak!

Emang sih kadang segitu dapet banyak duit kita bawaannya suka jadi gak sadar, pengennya ngeliat apapun di depan mata langsung beli. Sampai lupa kalau masih ada hal yang mesti dijalanin pake duit setelah lebaran.

Tapi ya mau gimana lagi, yang namanya penyesalan mah datangnya emang di belakang bukan di depan, yang di depan itu mah namanya pendaftaran. Dan karena itu ketimbang kamu Cuma pasrah ampe parahnya jadi suka minta-minta mending kamu buruan deh lakuin cara-cara ini biar keuanganmu sehat lagi.

Periksa

Saat kamu sakit apa yang kamu lakukan? Minum obat? Normalnya sih kayak gitu, tapi obat apa yang bakal kamu minum kalau kamu gak tahu sakit apa? Masa kamu minum obat flu padahal kamu batuk? Gak dong?

Karena itu sebelum minum obat kamu mesti periksa dulu. Kamu mesti tahu kamu sakit apa, kamu mesti tahu pengeluaran apa saja yang udah kamu lakukan dan pengeluaran apa saja yang bisa kamu tekan. Kenapa? ya karena kamu udah terbatas jadi gak mungkin bisa kamu lakukan semuanya.

Susun

Kalau kamu udah ngecek, sekarang waktunya buat menyusun ulang. Tentukan pos-pos mana saja yang jadi prioritas dan pos-pos pengeluaran mana saja yang bisa kamu tekan. Setelah itu baru deh kamu  bisa menetapkan batasan-batasan biaya yang mesti kamu keluarkan.

Misalnya, kamu tiap bulan mesti ngeluarin dut 300rb buat beli kuota. Karena kuota itu bukan kebutuhan primer jadi ya kamu bisa motong pengeluaran itu, misalnya jadi 200rb atau Cuma 100rb. Sisanya bisa kamu gunakan di pos pengeluaran lain.

Kelola

Setelah itu kamu mesti mengelola keuangan kamu. Rumus paling sederhana sih ya tetapkan dan batasi. Tetapkan seberapa besar biaya yang mesti kamu keluarkan tiap hari dan batasi. Misalnya tiap hari kamu ngehabisin 50rb, nah kamu mesti konsisten di angka itu. Kalau pun terpaksa ngeluarin duit lebih misalnya dalam pecahan yang lebih besar kamu wajib membatasinya. Paling bagus sih kalau kamu bisa menekan biaya harian kamu lagi ampe batas paling rendah. Gak gampang sih emang tapi ya lebih baik gitu kan daripada mesti kehabisan beneran?

Tunda

Nah ini yang paling penting dan biasanya paling susah padahal cara ini paling ampuh buat bikin keuanganmu jadi sehat. Yaitu dengan cara menunda setiap pengeluaran yang gak mendesak dan gak dibutuhkan. Misalnya beli barang yang gak butuh-butuh amat, makan di restoran padahal di rumah bisa atau traktir temen biar dikira hebat padahal kere.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY