Coba pengen denger nih suaranya yang lagi bahagia? Eh percuma juga sih ini kan bukan video live hehe. Tapi biasanya sih ditanggal segini, tingkat kebahagiaan sebagian orang itu emang lagi menurun. Bahkan makin bertambah tanggalnya tingkat kebahagiaan juga makin berada di ujung tanduk haha.

Tenang aja sob! kamu gak sendiri kok! Bukan Cuma kamu yang ngerasa jadi orang paling kaya ditanggal muda dan jadi orang yang paling susah senyum di tanggal tua. Eh tapi ada juga sih yang kayak gitu seminggu setelah gajian hehe.

Yang namanya masalah keuangan sih emang udah dari dulu adanya dan yang pasti bukan kamu aja yang ngalaminnya. Jadi ketimbang kamu ikut-ikutan nyalahin orang lain, mending kamu usaha deh dengan cara ini. Biar kamu bisa bertahan hidup saat lagi bokek-bokeknya.

Bantuin Kerjaan Temen

Cara ini bisa banget nih kamu lakuin, apalagi kalau temen kamu itu emang butuh banget bantuanmu. Kalau temen yang pengertian sih biasanya bakal ada tuh “ucapan terima kasih” ya minimal traktir makanlah. Tapi kalau enggak, ya saya sih Cuma bisa berpesan banyakin sabar dan pastikan kamu nyari temen yang baru hehe.

Jadi Rentenir

Lagi bokek terus kamu termasuk tipe teman yang dermawan? Pas banget nih momennya buat kamu buka kembali ingatan kamu tentang siapa aja yang udah ngutang ama kamu terus tagih deh satu-satu. Kalau pada lupa, ya ingetin lagi tapi kalau masih lupa ya kamu juju raja kalau kamu lagi bokek.

Ya gak jadi rentenir beneran, tapi kan gak salah juga kalau nagih ya gak? nah, untuk kedepannya boleh banget nih kamu sediain catatan khusus, nama, tanggal dan jumlah yang ngutang ke kamu. Biar enak pas nagihnya, dan yang paling penting gak ada yang lolos dari ingatanmu haha.

Jadi Bisnisman

Kok jadi bisnisman? Jadi harus resign dong dari kerjaan yang sekarang?

Gak perlu sob! ini sih sebenernya ssama aja kayak poin lain, alias perumpamaan aja. Cuma bisa juga sih emang bisnisman soalnya cara ini mengharuskan kamu untuk melakukan transaksi jual beli barang. Cara ini ampuh banget nih bikin kamu bertahan hidup, bahkan bisa banget bikin kamu kayak kaya mendadak Cuma kayak sih hehe.

Jadi kalau kamu udah bokek, coba deh kamu masuk ke kamar terus perhatiin deh barang kamu satu-satu. Pilih dan pilah barang yang masih layak, entah itu baju, jaket, celana, sepatu, daleman, kondom bekas pake, vibrator, gayung, wajan, panci pokoknya apa aja deh yang bisa kamu jual. Kan lumayan tuh ya gak? Cuma pas gajian kamu mesti sediain yang baru, biar kamu bisa pake dan sewaktu-waktu bisa diuangkan hehe.

Jadi Benalu

Kalau kamu gak bisa bagi waktu, gak punya kemampuan ngebantu (atau males), gak pernah ngasih utang dan gak punya barang buat dijual ya udah cara terakhir ini satu-satunya jalan biar kamu bisa survive. Yang tiba-tiba jadi nempel ama temen yang banyak duit, yang sukanya ngikut apalagi pas jam makan atau yang jadi boncengers/nebengers. Yang penting sih kamu mesti punya muka tembok, namanya juga belau hehe.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY