Pengen nyapa dulu deh, hei sob! gimana kabar kamu hari ini? Pasti seneng banget kan? udah seberapa banyak mall kamu kelilingi? Udah seberapa banyak barang yang kamu beli? Atau mungkin udah seberapa banyak tempat pijat yang kamu samperin? Hehe.

Di tanggal segini mah pasti pada seneng kan? yang bawaannya suka senyum dan ngerasa kayak orang paling tajir sedunia.

Well, namanya juga masih tanggal muda sih, momen di mana kamu baru aja gajian, lagi banyak-banyaknya pegang duit hasil kerja keras sebulan, emang bawaannya seneng plus kayak ada rasa-rasa pengen beli semuanya.

Tapi biasanya sih hal itu Cuma kesenangan sementara, gaji yang harusnya cukup untuk menafkahi diri lahir dan batin malah mulai memicu rasa stres ditanggal tua. Kadang mah gak sampai tanggal tua juga udah keburu stres duluan haha.

Terserah kamu sih, tapi kalau kamu gak mau kayak gitu mulu ya mesti tahu lah cara biar hidupmu gak menyedihkan saat tanggal tua.

Selesaikan Kewajiban Jangan Cuma Ikuti Kemauan

Jujur deh coba sebutin hal yang bikin kamu cepet jadi kere, kenapa pada gak tahu? Hmm itu mah tandanya kamu gak tahu diri. Ngaku deh kamu pasti selama ini punya banyak kewajiban kan? entah itu cicilan motor, cicilan kartu kredit dan berbagai tagihan lain.

Nah, kalau hal itu aja udah makan setengah biaya ditambah dengan kemauan kamu yang gak ada abisnya gimana kejadiannya? Ya belum tanggal tua kamu udah hidup menderita. Jadi biar gak menyedihkan ya kamu cukup selesaikan kewajiban kamu itu dan katakan tidak untuk kemauan.

Gak Usah Mewah Makan Cukup Seadanya dan Seperlunya

Segitu gajian bawaannya pengen makan yang enak-enak, kalau yang enak semacem kayak di warteg sih gak masalah Cuma ya nyatanya mah yang enak itu yang makannya di tempat kekinian dengan makanan kekinian plus harga kekinian (mahal).

Emang sesekali gak ada salahnya tapi kalau yang sesekali itu bakal nguras duit ya untuk apa di pertahankan ya gak? jadi ya gak usahlah makan mewah, makan seadanya dan secukupnya aja. Apalagi kalau udah biasa makan ikan kering gak usah sok-sok makan pizza dengan toping haha.

Gak Usah Kemana-Mana Kalau Weekend

Kamu percaya gak sih kalau semakin banyak waktumu tersedia maka semakin besar duit yang bakal kamu keluarkan. Boleh percaya atau enggak sih tapi hal kayak gini itu bener banget. Weekend itu kan kamu jadi punya banyak waktu, biasanya sih kalau lagi banyak waktu gini kemauan pun jadi ikut naik. Karena gak ada kesibukan biar waktu gak terbuang sia-sia ya kebanyakan kamu pati bakal ikutin kemauan. Seperti misalnya jalan-jalan atau ke tempat hiburan.

Gak mungkin dong kalau gak ngeluarin duit? Nah, coba deh bandingkan seberapa banyak duit yang kamu keluarin kalau lagi kerja ama pas weekend gitu. Pasti lebih banyak weekend kan? jadi biar gak cepet abisnya ya mending weekend gak usah kemana-mana. Kalau perlu mah pacarannya di rumah aja, lumayan kan bisa berhemat udah gitu kali aja pas gak ada orang di rumah haha.

Sisihkan Uang Receh

Ngaku deh pasti ada nih yang mulai menyepelekan duit receh, yang kalau seribu atau dua ribuan gak disimpen baik-baik.

Hal kayak gitu penting banget kamu ubah, kenapa? karena meski duit receh kalau kamu simpen itu bakal jadi penolong banget pas tanggal tua. Bener kan? udah gak usah malu akui saja!

Minimalisir Beli Perbanyak Minta

Bukan berarti kamu gak beli apa-apa ya, tapi kamu beli aja yang bakal jadi keperluan kamu. Sisanya yang gak butuh-butuh amat kayak snack rokok atau bahan sekunder lain ya mending beli. Ya intinya sih kalau kata temen-temen MBDC, perkecil pembelian dan pertebal rasa gak tahu malumu haha.

Berzakat dan Beramal

Dan ini nih yang paling ampuh sob! emang ngeluarin zakat atau beramal membantu sesama yang membutuhkan seperti korban gempa di Lombok dan Donggala, Palu itu bakal bikin kamu ngeluarin duit. Tapi percaya deh sob! kamu ngeluarin duit untuk hal ini bakal ngebuat pemasukan kamu bertambah. Plusnya lagi kamu Cuma gak dapat balasan yang lebih tapi kamu juga bakal dapat tempat istimewa nanti.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY