Jadi miskin? Ada-ada aja nih orang? Mana ada orang pengen jadi miskin?

Berani taruhan deh kamu-kamu pasti pada mikir kayak gitu kan? Emang sih saya juga setuju ama kamu kalau gak ada satupun orang di dunia ini yang pengen miskin. Semuanya pada pengen hidup pas-pasan, pas mau beli gadget terbaru pas lagi banyak uang, pas mau nikah yang makan biaya ampe milyaran eh pas juga ama duit jajan sehari (wohoo anak sultan mana tuh? Haha).

Jelas sih gak ada orang yang pengen miskin, Cuma dari keseharian nih ya orang yang hidupnya biasa-biasa aja sebenernya malah ngebuat hidupnya jadi miskin. Dengan tiap hari ngelakuin cara kayak gini . . .

Selalu Ikutin Tren Terbaru

Tiap ada tren baru apapun itu, entah itu gadget terbaru, mobil/motor keluaran terbaru atau aksesoris terbaru yang dipake artis selalu diikutin. Gak peduli deh yang lama masih layak pakai atau enggak atau yang terbaru Cuma ganti casing ama warna, pokoknya yang terbaru dan lagi tren wajib diikutin. Duit gak cukup? Gak masalah kan bisa kredit? Cicilan yang lama belum lunas? Gampang kredit kan bisa diatur haha.

Gak Nabung

Nabung itu apa sih? semacam kebiasaan manusia purba ya? yaelah jaman sekarang udah maju ngapain nabung? Lagian kerja keras sebulan kalau gak dinikmatin ya untuk apa? pokoknya hidup itu harus dinikmatin buat foya-foya, apaan nabung? Lagian yang ditabung itu kan Cuma kertas? Bukan iphone keluaran terbaru jadi ngapain di sayang-sayang?

Tiap Hari Makan di Luar

Makan makanan rumahan itu udah ketinggalan jaman! Sekarang mah waktunya buat makan di luar, di tempat yang lagi tren di sosmed gitu, ya sekalian bisa eksis lah.

Lagian kalau emang punya duit ya ngapain makan makanan rumahan yang murahan itu? mending makan di restoran kan? bisa sambil foto-foto biar dibilang kekinian.

Jadi Konsumen Kartu Kredit Paling Loyal

Kartu kredit itu produk unggulan dari bank keluaran terbaru, yang namanya terbaru kan mesti diikutin dan mesti dilakuin? Apalagi kartu kredit itu kan baik banget bisa ngebuat kita ngebeli apapun yang kita mau meski duit kita gak ada. Ya kalau orang udah baik mah masa sih kita gak bales kebaikannya? Misalnya jadi konsumen paling loyal gitu.

Numpuk Utang

Utang itu bukan hal yang aneh, udah biasalah utang itu. Apalagi utang itu kan kayak kartu kredit yang duit hasil ngutang bisa dipake buat beli apa aja yang kita mau termasuk hal-hal yang sebenernya gak mampu kita beli. Lagian nih ya utang itu adalah salah satu transaksi yang udah ada sejak dulu, lha kalau udah ada kenapa gak dimanfaatin coba?

Well, kok kayak emosi ya? padahal yang nulis saya sendiri. Hmm . . . Semua cara kayak gitu ya udah jelaslah bakal bikin miskin, tapi kamu tahu gak yang anehnya sampai sekarang nih ya sebenernya semua orang itu tahu cara itu. Cuma ya bukannya dihindarin tapi malah makin dilakuin. Nanti baru sadar kalau duit gaji sebulan gak cukup buat hidup sehari, ya emang sih kata pepatah kan penyesalan itu datengnya di belakang kalau di depan mah pendaftaran.

Eh tapi biasanya sih gak ada nyeselnya juga sih, toh kalau udah kehabisan duit buat bayar ini itu kan tinggal ngutang hahahaha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY