Di jaman yang serba online seperti sekarang ini, bisa dibilang kalau kita pun sudah sangat bergantung dengan yang namanya internet. Tidak hanya untuk keperluan belanja tapi untuk mencari informasi atau Cuma sekedar saling sapa sampai stalking mantan. Kayak anak-anak muda milenial jaman sekarang yang nyaris gak bisa terlepas dari smartphone, yang kalau gak tersambung dengan internet langsung baper tingkat dewa.

Cuma dengan ketergantungan seperti ini, yang mana ada ribuan informasi yang diupdate setiap saat, ada saja pihak-pihak yang memanfaatkannya untuk menyebar informasi atau berita palsu, yang kita kenal dengan istilah hoax. Awalnya sih Cuma untuk mengejar pembaca atau like di sosmed, tapi lama kelamaan mulai diboncengi politikus-politikus bangsat sampai kelompok-kelompok tertentu yang pengen bikin chaos di negeri sendiri.

Mirisnya lagi jaman sekarang itu hoax gak Cuma informasi atau berita palsu, tapi hoax itu udah kayak kotoran kuku yang baunya bikin pengen muntah tapi selalu bikin penasaran untuk dicium. Yang udah tahu itu hoax tapi masih di percaya juga, bahkan banyak yang malah ikutan share. Alhasil hoax-nya pun jadi viral dan sampai dipercaya banyak orang.

Cara Tangkal Informasi Hoax oleh SegiEmpatTapi yang namanya hoax sudah jelas dong kalau kita gak boleh percaya, Cuma kita juga gak boleh diem aja terus langsung ngomong kalau itu hoax tanpa bukti. Kita juga harus proaktif untuk menangkal hoax. Nah, untuk itu saya punya beberapa

Manfaatkan Layanan “Report” yang ada di Sosmed

Dari data yang dilansir Kominfo, sekarang sudah lebih 700 ribu situs online yang diblokor karena mengandung hoax dan sebagainya. Tapi karena SDM dan juga terlalu mudahnya untuk lepas dari pemblokiran (misalnya tinggal ganti dari dot com ke dot us atau dot net) situs yang dilokir pun akan kembali tersedia.

Tidak Cuma itu, salah satu alasan kenapa hoax lumayan susah untuk diperangi karena “pasar” alias pembaca mereka yang memang masih kaget dengan sosmed. Saya sih sudah pernah tulis 7 alasan kenapa hoax susah dihilangkan dari Indonesia, yang udah cukup ngejelasin gimana keadaan sebagian masyarakat kita dengan sosmed dan internet.

Nah untuk menangkal itu semua, seperti yang saya bilang tadi kita harus proaktif. Kebanyakan hoax itu terlalu gampang menyebar di sosmed khususnya facebook, jadi biar gak nyebar sampai membuat banyak orang kaget kamu bisa manfaatin layanan report yang sudah disediakan. Layanan report ini bakal melakukan penelusuran tentang semua informasi yang diunggah, kalau memang terbukti halaman ataupun penggunanya akan di blokir sama si empunya. Gak perlu takut siapa yang lapor karena semua informasi pelapor aman.

Manfaatkan Layanan Situs dan Aplikasi yang Dibuat Khusus untuk Menangkal Hoax

Dulu untuk menangkal hoax memang lumayan ribet, jadinya orang-orang pun jadi malas untuk menelusuri kebenarannya. Bukan apa-apa sih karena kan ribet juga kalau harus save gambar terus di upload ke search engine google.

Nah, sekarang semua keribetan itu gak lagi harus kita lakukan, karena sudah ada aplikasi khusus dan situs untuk menangkan hoax. Biar gak malu-maluin share berita hoax coba deh kalau dapat informasi cek dulu di situs dan aplikasi ini:

  • turnbackhoax.id
  • Aplikasi Hoax Analyzer
  • snopes.com

Cuma ya dari ketiganya, turnbackhoax.id sekarang sudah gak sering update lagi, sementara snopes.com itu menggunakan bahasa Inggris jadinya lumayan susah sih buat ngeceknya.

LEAVE A REPLY