Pernah gak sih sewaktu kamu SMA atau kuliah, kamu diajak ngumpul di rumah temen? Ngumpul di rumah temen sih udah biasa sebenernya, tapi hari itu ada yang beda. Kalau biasanya kamu ngumpul Cuma di kasih gorengan, kopi atau air putih aja hari itu kamu di dapet full service. Yang di kasih makan, dibeliin minuman, dibeliin rokok (buat cowok nih), disediain wifi ampe kalian di sediain satu TV gede plus dengan laptop yang udah disiapin samping TV.

Awalnya sih kamu ngira bakal seru nih karena bakal nobar film bareng temen-temen yang lain, apalagi setelah makan kamu dan temen-temen yang lain diminta ngumpul di ruang tamu yang udah disiapin TV gede plus camilan ama minumannya. Tapi pas kamu mikir bakal nonton eh kamu malah diputarin sebuah video gak jelas yang nunjukin orang-orang pada ngumpul di stadion sepakbola sambil ngebawa mobil mewah ampe nunjukin gambar slide orang-orang yang lagi liburan ke luar negri dengan kapal pesiar.

Ada yang pernah ngalamin gak? pasti ada kan? ada yang ikut gabung kan? terus sekarang kabarnya gimana? udah sukses apa Cuma ketipu?

Sebenernya sih MLM itu gak selamanya menipu, tapi gak selamanya juga beneran. Nah, biar kamu-kamu gak ketipu nih harus tahu dulu dah cara tahu MLM asli atau Cuma tipu-tipu.

Tanyain Soal Produk

Iming-iming, itu adalah hal paling mendasar dari MLM alasannya ya emang sengaja biar kamu pengen ikutan gabung. Tapi sebelum kamu terjerat ama hal kayak gitu, pertama kamu mesti tanyain soal produk. Tanyain ada atau enggak produk yang dipasarkan, kalau gak ada mending kamu curiga deh kenapa? soalnya gini, MLm itu kan multilevel marketing kalau gak ada produk apa yang di marketkan?

Tapi ya itu gak berarti MLM yang punya produk bukan tipu-tipu sih . . .

Tanyain Soal Modal

Hal kedua yang mesti kamu tanyain adalah soal modal. MLM itu sebenernya hobi banget main di psikis orang, yang sering banget mengiming-imingin orang padahal yang untuk gede Cuma dia. Makanya tiap kali merekrut orang yang pengen menarik kamu jadi downline-nya bakal berusaha sekuat tenaga buat bikin kamu bangga. Doi bakal suka muji-muji kamu ampe menunjukkan rasa kepercayaannya ama kamu.

Hal kayak gitu sebenernya susah diantisipasi sih, tapi jadi keuntungan buat kamu juga. Kenapa? karena itu jadi celah buat kamu tanyain soal modal. Doi kan udah percaya banget ama kamu ya gak? karena itu kamu bilang aja “sob! kalau emang bener lo percaya ama gua, dan lo percaya gua bakal jadi atlet MLM berprestasi ya udah modalin dulu deh, kan kalau gua berprestasi lo juga yang untung”.

Hal kayak gini lebih aman sob! karena selain kamu gak mesti rugi ya kali aja kamu emang bisa beneran sukses dengan jalur MLM hehe.

Minta Tunjukin Kapalnya

Nunjukin foto ama mobil mewah tapi datengnya Cuma naik motor, nunjukin udah sukses tapi penampilannya gak matching.

Ada aja deh penggiat MLM yang kayak gitu, bahkan seperti yang saya bilang di awal ada yang ampe nunjukin foto liburan pake kapal pesiar. Bukan jadi penumpang tapi punya pribadi katanya sih hehe.

Buat bedain, nah sebenernya hal kayak gitu yang paling gampang. Minta aja kamu tunjukin kapal pesiarnya. Kalau doi bilang belum sampe ke tingkat itu, ya udah minimal kamu minta di modalin dulu deh. Kalau bawaannya ngeles mulu ya kamu udah sepatutnya curiga.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY