Indonesia itu punya banyak budaya, dari yang tercatat dalam sejarah dan dilestarikan sampai budaya yang gak tertulis seperti misalnya mudik.

Kamu-kamu pasti tahu dong kalau yang namanya mudik itu udah seolah jadi budaya kita? Yang udah dilakuin sejak era kakek-nenek kita yang kemudian menurun ke kamu.

Nah, jelang lebaran tahun ini biasanya sih kalau udah masuk pertengahan puasa kayak gini, selain mikirin baju baru kamu pasti udah mulai mikirin soal mudik kan? Bahkan mungkin ada diantara kamu yang udah berencana buat mudik seminggu sebelum lebaran.

Dari pengalaman sih, mudik itu emang spesial ya gimana gak spesial kalau mudik itu gak Cuma jadi momen buat silaturahmi tapi juga bakal berurusan dengan industri perdagingan dan persantanan yang notabene merupakan menu spesial. Ehh kok bawaannya ke makanan sih?

Intinya gitu deh, tapi kadang ada aja hal yang bisa membuat mudik kali ini gagal. Seperti misalnya karena kehabisan duit buat bayar cicilan atau karena kekurangan duit. Terus gimana dong? masa sih mudiknya batal? Itu sih solusi terakhir, masih ada kok cara biar kamu bisa mudik tapi gak ngeluarin duit. Mau tahu dong caranya?

Jadi Nebeng-ers

Pengen mudik tapi gak cukup modal? Atau bahkan gak punya modal? Tenang, meski emang lebih baik kamu nunda mudiknya biaar mudik tahun depannya bisa punya duit lebih tapi kalau kamu emang bersikeras pengen mudik bisa aja kok. Caranya? ya kamu cukup jadi nebengers, entah itu teman yang sekampung ama kamu atau mungkin yang searah.

Cara kayak gini mah sama sekali gak perlu ngeluarin duit, kamu Cuma butuh modal PD ama tebal muka aja hahah.

Mudik Bareng Keluarga

Kalau kamu emang punya rasa malu yang terlalu gede atau mungkin karena gak ada yang pengen ngebengin kamu, cara yang kedua adalah nebeng ama keluarga kamu.

Tapi gimana dong kalau orangtua kamu adanya di kampung? Yaelah sob! masa gitu aja gak ngeh, kan yang namanya keluarga itu gak Cuma bapak ama emak kamu. Sepupu, om, tante atau mungkin orang yang sekampung ama kamu juga bisa dibilang keluarga ya gak?

Ikutan Acara Mudik Gratis

Yang paling asik ya udah pake cara ini dah, apalagi sekarang makin banyak tuh acara-acara mudik gratis. Bahkan di beberapa perusahaan juga udah mulai menjalankan program mudik gratis.

Ngelamar Jadi Kernet Bus

Nah, kalau gak ada yang mau nebengin kamu, terus kamu hidupnya sebatang kara di kota udah gitu gak kebagian mudik gratis ini udah cara terakhir yang bisa kamu lakuin. Yup! Kamu mesti ngelamar jadi kernet bus yang tujuannya atau mungkin yang jalurnya ngelewatin kampung kamu. Kalau udah kayak gitu kan gampang deh kamunya ya gak?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY