Lebaran itu ya harusnya menyenangkan, karena yang ada pas lebaran itu ya emang makanan enak semua. Cuma ya itu sih gak selamanya berlaku buat jomblo karena sebenernya lebaran itu momen yang paling mengerikan buat jomblo. Ya gimana enggak kalau tiap lebaran yang ditanya Cuma soal itu-itu aja.

Tapi tenang sob, karena ane salah satu korban yang kaya akan pengalaman kayak gitu, kali ini pengen ngasih tips nih buat nanggepinnya. Nih cara epic nanggepin pertanyaan mengerikan pas lebaran.

“Gimana Skripsinya?”

Kamu-kamu yang mahasiswa ngerti banget nih rasanya kayak gimana, yang bahkan nih pas ditanyain kayak gini dalem hati kayak pengen ngamuk karena gak di rumah, di tongkrongan sampai di rumah saudara ditanyain juga. Makanya suka ada tuh yang ikutan silaturahmi tapi ujung-ujungnya nyesal haha.

Nah, ketimbang kamu ngerusak momen lebaran yang malah ngebuat itu jadi dosa pertama kamu setelah puasa, ya mending ditanggepinnya dengan santai sob! Bilang aja “iya lagi dikerjain, doain ya biar cepat kelar”, biasanya sih kalau udah gini selesai deh persoalan kamu pun bisa ngamuk di meja makan haha.

“Calonmu Mana?”

Kalau udah lewat masa-masa kuliah, jangan pikir pas kamu mudik kamu bisa tenang karena udah bisa nunjukin title sarjana di belakang nama. Karena setelah kamu selesai kuliah maka pertanyaaan selanjutnya “calonmu mana?”.

Kamu-kamu yang punya pacar sih bisa santai tapi itu tidak buat jomblo! Bener gak mblo? Cup cup cup sabar. Cuma ketimbang kamu jadi bete yang ujung-ujungnya kamu bakal dapat ceramah tambahan soal jodoh mending kamu tanggepin kayak gini:

Saudara kepo: calonmu mana? Kenapa gak diajak?

Kamu: belum punya pacar, cariin dong makanya (sambil nyengir-nyengir)

“Kapan Nikah?”

Ini nih pertanyaan yang paling legend dari lebaran ribuan tahun lalu, entah kamu udah punya pacar atau enggak tetep aja bakal ngadepin pertanyaan kayak gini. Gak Cuma nyakitin tapi juga bikin kesel, yang pengen nikah kita yang kepo dia hmm.

Tapi ya gak mesti tegang sob, ada banyak alasan yang bisa kamu ucapkan. Entah itu masih belum stabil secara keuangan, masih pengen nyenengin orangtua atau karena emang belum ada yang cocok.

“Yang Kemaren Mana?”

Well mungkin ini nih yang paling nyakitin, soalnya gak Cuma bisa ngingatin tapi juga bisa bikin serba salah. Iya serba salah soalnya gak dikenalin ditanyain giliran udahan tetep aja ditanyain.

Dilema juga sih sebenernya udah dikenalin tapi putus ditengah jalan, giliran disembunyiin ehh bilangnya ada apa-apa. Tapi meski mungkin (bukan mungkin lagi sih tapi udah pasti) kamu sakit hati ya usahain deh kamu santai aja. Bisa kok kamu sambil nyengir terus bilang “udah expire” atau mungkin “udah gak sejalan lagi”, cup cup cup bacanya gak usah nangis gitu deh haha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY