Belanja tanpa nawar itu ibaratnya sayur tanpa garam, kamu tanpa pacar, idung tanpa upil, jomblo di malam minggu tanpa co*i, hmm kalau yang terakhir itu berlebihan sih hehe.

Intinya kayak gitulah, yang namanya belanja itu udah pasti bakal ada yang namanya proses tawar-menawar. Tapi ya gak bisa disembarangan tempat kayak di mall-mall gitu, yang ada mah kalau kamu nawar kamu bakal jadi pusat perhatian terus orang-orang pada ngetawain dalam hati. Jadi ya udah pastilah di pasar-pasar tradisional gitu.

Cuma anehnya sih sekarang belanja di pasar tradisional itu kadang juga kelewatan ngasih harganya, bahkan ada yang sesumbar kalau sekarang belanja 100rb cukupnya Cuma buat beli bawang. Hmm gak tahu sih bener apa kagak, ya siapa tahu kan bawangnya sekilo 100rb?

Terus gimana dong biar duitnya cukup buat belanja?

Pengen tahu caranya? ya nawar dong, biar bisa cukup ama budget yang udah kamu sediakan. Cuma biasanya sih ya, meski udah nawar suka ada tuh penjual yang tetep mahalin harganya. Nah biar pas kamu belanja gak dimahalin ama penjualnya atau biar pas kamu nawar bisa dikasih sesuai harga yang kamu minta, nih tahu dulu beberapa triknya.

Gak Usah Banyak Gaya

Percaya atau enggak tampilan kamu pas belanjaa itu bisa mempengaruhi harga. Yang tadinya Cuma 15 ribu bisa jadi 150r. Biasanya hal kayak gini itu karena pas kamu belanja kamu berpenampilan keren, yang make kacamata, make baju mahal, make perhiasan dan selalu menenteng tas yang harganya satu kancing itu 10 juta.

Hmm kalau dipikir lagi sih wajar karena kalau tampilan udah kayak gitu mah pasti yang dipikirkan berduit. Jadi wajar dong kalau penjualnya naikin harga gila-gilaan, namanya juga cari untung.

Nah biar itu gak kejadian ya mending gak usah bayak gaya. Kalau ke pasar ya pake baju yang sederhana aja, biar kamu juga kelihatan sama dari kalangan mereka. Dengan begitu niscaya dia bakal ngasih harga normal itupun bisa ditawar. Lagian sih kalau tampilan udah mewah mestinya gak masalah dong mau harga berapapun itu, masa dari ujung kepala ampe rambut jutaan bayar 150rb aja gak bisa?

Pasang Muka Susah

Alias muka yang rada-rada memelas, cara kayak gini bisa banget nih bikin penjualnya gak ngasih kamu harga mahal. Kenapa? jangan lupa orang Indonesia itu ramah dan baik hati, pasti pas ngeliat kamu memelas susah kayak gitu jadi kasian. Bisa-bisa pas kamu belanja kamu bakal dikasih gratis.

Jadi buat kamu yang lahirnya udah punya muka yang kayak gitu, jangan berkecil hati ya!

Bawa Duit Pas

Maksudnya kamu sediain duit yang sesuai dengan harga yang bakal kamu tawar. Ini salah satu cara yang paling ampuh nih buat belanja kebutuhan sesuai budget.

Jadi misalnya pas kamu belanja harga yang tertera 150rb, kamu pengen banget Cuma 150rb itu kan bisa dipake buat beli yang lain? Nah, sebelum kamu ke pasar, mending pecah-pecahin deh duit kamu, terus taruhnya di kantong yang beda. Jadi pas kamu nawar 50rb misalnya kamu udah tahu di kantong mana, terus kalau penjualnya kekeuh kamu tinggal tunjukin kalau kamu bawa duitnya Cuma pas 50rb.

Sok-Sok Sekampung

Salah satu cara klasik yang melegenda, tapi sampai sekarang sih masih tergolong ampuh. Jadi pas kamu belanja kamu bisa sok-sok sekampung gitu. Tapi jangan langsung nanya, basa-basa aja dulu udah gitu pastikan kamu nyebut daerah yang pernah kamu datengin atau seenggaknya kamu tahulah satu atau dua desanya, misalnya:

Kamu: “ini terongnya dari mana pak?”

Penjual: dari Tulungagung dek

Kamu: bapak orang Tulungangung?

Kalau beruntung dia bakal bilang

Penjual: iya

Kamu: wah ternyata kita sama sekampung, bapak daerah mana?

Biasanya karena sekampung si penjual bakal ngasih harga miring!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY