Teknologi makin maju internet juga udah gak sesulit dulu, ya enak banget lah jaman sekarang. Apa-apa serba mudah dan pengen nyari apa aja gampang. Cuma sayangnya nih ya hal kayak gitu gak ikut ngembangin pola pikir kita, yang pokoknya asal dapet berita langsung percaya padahal belum tentu juga berita itu bener.

Emang sih sebenernya hoax itu udah ada sejak dulu, tapi semestinya dengan majunya teknologi dan semakin entengnya akses internet seperti sekarang ini kita juga mesti gak gampang termakan hoax. Mungkin sih kamu enggak tapi yang lain?

Nyatanya sekarang mah masih banyak tuh orang-orang yang segitu gampangnya kemakan hoax, yang dapet beritanya Cuma lewat broadcast, grup chat dan sosmed langsung percaya. Yang mirisnya lagi sampai ada tuh orang yang jadi korban.

Nah, buat kamu-kamu nih pembaca setia SegiEmpat biar gak kemakan hoax kita bakal sedikit share cara gampang bedain berita hoax atau bukan.

Manfaatin Google

Kita itu harus bener-bener makasih ama perusahaan jejaring sebesar google, karena google ini bakal nge-indeks jutaan situs yang bisa ngebantu kita ngebongkar kebenaran berita-berita hoax itu.

Nah, ketimbang kamu sibuk komen yang bahkan langsung nyinyir gak jelas kayak ayam kesurupan monyet kurap sangean, mending sebelum kamu percaya kamu manfaatin deh situs terbesar dunia itu. Jangankan soal hoax, pencarian yang aneh sekalipun seperti “cara ngocokin anak SD” aja ampe ada sob! gila gak?

Pokoknya semua hal yang bakal beredar di internet itu bakal di indeks ama google, alias bakal dikumpulin semua hal yang berkaitan ama itu. Misalnya kayak contoh aneh tadi, google bakal munculin semua yang berkaitan.

Jadi cara paling gampang buat bedain hoax apa bukan ya kamu bisa pake google. Caranya? gampang, kamu tinggal buka google.com terus tulis deh berita yang kamu dapat di kolom google search. Nanti bakal munculin deh semua yang berkaitan. Kalau yang kamu cari gak ada di halam pertama ya udah pasti itu hoax. Saya sih pake cara yang kayak gitu sampai sekarang, paling gampang nih ya saya juga masukin kata hoax.

Perhatikan Sumber

Sayangnya nih ya buat orang awam cara kayak gitu masih kurang efektif kenapa? karena sekarang banyak tuh situs-situs gak jelas dan gratisan yang nyebar hoax. Mirisnya situs kayak gitu juga kadang di indeks ama google.

Nah, biar gak kemakan cara kedua yang mesti kamu lakukan itu adalah perhatikan sumbernya alias situsnya. Kalau kamu nemu berita yang sama tapi dari situs yang gak jelas kayak xxx(dot)blogspot.com atau kayak bukanhoax.xyz jangan percaya.

Percayakan berita sama situs-situs yang kredibel kayak detik.com atau kompas.com. Satu lagi, jangan gampang kemakan klaim yang selalu ada di akhir hoax yaitu “sumber valid” atau penggiringan opini biar kamu gak percaya situs lain.

Well, segitu aja sih dari kita, yuk kita lawan hoax!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY