Tinggal beberapa hari lagi kamu-kamu yang Muslim bisa bebas makan siang, kenapa? ya karena per tanggal 6 Mei 2019 nanti kita udah memasuki bulan puasa. Gak kerasa banget ya? seolah waktu berjalannya cepet banget, ya kecuali yang gagal move on sih lama banget tuh pasti rasanya haha.

Ngomongin bulan puasa apa nih yang langsung kepikiran ama kamu? Ibadah? Memperbanyak amal saleh? Ya itu udah pastilah gak usah ditanya lagi. Tapi soal lain sob! apa coba? THR? Halah! Puasa aja belum udah mikirin THR huuuu!

Jadi apa dong?

Mungkin sih kamu-kamu pada lupa, apalagi sekarang ini kan momen-momen kayak gitu emang jarang kepikiran. Ya udah saya kasih tahu deh yaitu ngumpul bareng keluarga sehabis lebaran. Selain silaturahmi dan maaf-maaf-an pasti deh kamu bakal dijejali dengan beberapa pertanyaan template yang nyebelin. Entah itu ditanya kapan nikah? kapan punya anak? kapan nambah anak dan pertanyaan-pertanyaan basi yang selalu ada di tiap kali momen lebaran.

Nah ketimbang kamu ngotorin momoen lebaran dengan dosa amarah, mending mulai deh kamu persiapkan diri dari sekarang. Nih saya punya cara asik ngejawab pertanyaan yang nyebelin kayak gitu.

Tanyain Duluan

Ibarat filosofi sepakbola yang bilang “pertahanan terbaik adalah menyerang” jadi sebelum kamu ditanyain pertanyaan-pertanyaan nyebelin itu mending kamu duluanin tanya. Biasanya sih bakal ada momen yang nunjukin kamu bakal ditanya, jadi sebelum kamu ditanya mending kamu tanyain duluan. Tanyain apa aja, entah itu kamu nanya kapan nikah? kapan punya anak? kapan nguras kolam atau apa aja. Pokoknya jangan kasih celah buat dia nanya ama kamu.

Jawab dengan Jawaban Template

Kebanyakan orang-orang yang nanya dengan pertanyaan template itu Cuma basa-basi aja, jadi dia juga sebenernya gak serius-serius amat nanyanya apalagi jawaban kamu. Karena itu mending kamu jawabnya juga dengan jawaban template, ya istilahnya sih iyain aja biar cepet plus gak ribet.

Curhatin

Seperti yang saya sebut di atas, sebenernya gak semua pertanyaan itu nunjukin perhatian. Kebanyakan mah Cuma nanya basa-basi aja atau istilahnya biar ada bahan yang diomonginlah.

Nah, ketimbang kamu jadi spanneng ya udah sekalian aja bikin jadi sesi curhat. Enaknya nih kalau kamu malah curhatin bisa aja kamu bakal dikasih solusi atau bahkan dibantuin.

Cuekin

Well, ini sih udah cara yang paling aman sebenernya tapi gak tahu deh ini bakal bikin kamu dosa apa enggak. Soalnya ya kamu kan bakal cuekin orang yang nanya ke kamu, masalahnya kalau yang nanya itu adalah om/tante atau mungkin nenek kamu gimana?

Tapi kalau yang nanya adalah keluarga yang masih sebaya ama kamu ya boleh lah kamu lakuin cara ini./ Tapi biar gak kasar-kasar amat mending kamu cuekinnya dengan mainin gadget kamu. Mestinya sih gak susah toh udah biasa kan kamu sibuk ama gadget?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY