Mengurus situs atau website memang susah. Jika Anda sebagai admin dan juga sekaligus pemilik yang menangani cpanel tentunya akan lebih merepotkan lagi. Anda harus banyak mengerti tentang dunia internet dan juga pengalaman yang panjang dalam membuat situs dengan hosting sendiri. Belum lagi jika situs yang Anda miliki sudah memiliki banyak pengunjung, tapi masih menggunakan layanan shared hosting paling rendah dari webhosting. Tentunya Anda akan banyak mengalami gangguan dari webhosting tersebut secara langsung.

Pasalnya, fasilitas atau layanan dari webhosting dengan shared hosting ini memberikan Anda fasilitas berbagai yang artinya satu komputer bisa saja ada 4 atau lebih akun situs orang lain di dalam layanan tersebut. Semua resource dalam komputer tersebut Anda bagi rata untuk penggunanya, mulai dari processor, RAM, bandwith dan juga hardisknya. Jadi, jika ada situs yang terlalu banyak menggunakan resource processor atau RAM maka dampak yang ditimbulkan dari situs tersebut juga akan berimbas pada situs Anda yang bisa saja tidak dapat diakses atau error karena full resource.

Berbeda jika Anda menggunakan layanan Dedicated Server, yang di mana Anda akan diberikan sebuah komputer sendiri yang bisa Anda pilih spesifikasinya. Dengan layayan dedicated server tentunya Anda tidak akan saling tarik – menarik resource. Kelebihannya lagi, Anda sendiri yang akan mengatur cpanel dan konfigurasi server pada komputer yang diberikan oleh webhosting tersebut.

Ada juga layanan yang biasa digunakan oleh para pemilik situs yang dinamakan dengan cloudflare. Layanan ini merupakan layanan biasa digunakan oleh pemilik situs dalam mempercepat loading dari situsnya. Namun, ternyata layanan ini juga terkadang mengalami error yang membuat situs Anda tidak dapat terbuka. Keterangan error yang ditimbulkan oleh cloud flare ini adalah “Error 502 Connection timed out”, kemudian akan muncul penjelasan dari error tersebut yang ditampilkan oleh layanan Cloudflare ini. Penjelasan gambar yang ditampilkan dari layanan Cloudflare ini adalah Cloudflare tidak dapat memanggil alamat situs (hosting) Anda. Kenapa hal itu terjadi?Tips Mengatasi Error 522 Untuk Situs Yang Menggunakan Layanan Cloudflare oleh tekno segiempat

Ada beberapa alasan kenapa hal tersebut terjadi. Yang pertama adalah batas jatuh tempo pembayaran hosting Anda telah menunggak. Ada kesalahan konfigurasi pada server atau webhosting, baik dari segi script, database, dan juga perubahan alamat IP address dari Webhosting (Shared Host). Dan, kejadian yang paling banyak terjadi adalah perubahan alamat IP Address dari webhosting. Biasanya hal ini diberitahukan kepada para pengguna layanan hosting sebelum hosting Anda dipindahkan ke IP Address yang lain. Untuk itu Anda perlu mengecek alamat email Anda terlebih dahulu apakah ada email yang masuk dari penyedia layanan webhosting. Jika memang ada email masuk yang berisi IP Address baru, maka inilah yang menjadi penyebab error tersebut, karena Cloudflare tidak dapat memanggil alamat situs Anda melalui konfigurasi IP Address sebelumnya.

Untuk itu, Anda sebaiknya lakukan pengaturan ulang IP Address pada akun Cloudflare Anda.

– Masuk pada akun Cloudflare Anda, kemudian Anda klik tab DNS. Di dalam tab DNS ini Anda Anda isikan alamat situs Anda dan isikan pula alamat IP Address baru tadi pada kolom IPv4 Address, kemudian klik Add Record.

Tips Mengatasi Error 522 Untuk Situs Yang Menggunakan Layanan Cloudflare 1 oleh tekno segiempat

Setelah Anda selesai maka tunggu beberapa menit, kemudian coba refresh situs Anda. Jika situs Anda telah terbuka maka masalah Anda telah terselesaikan.

Jika Error 522 Cloudflare tersebut masih muncul terus – menerus, silahkan Anda bagikan pada kolom komentar di bawah ini. Dan, kami akan membantu dalam penyelesainnya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

9 COMMENTS

  1. Selamat siang mas, blog saya di wordpress menglami permasalahan yang sama sejak tadi pagi. saat diakses, muncul tulisan error connection 522, namun saya bisa akses blog saya jika menggunakan HP.
    dan, semalam saya mencoba log ini di HP, apakah itu berpengaruh?
    terima kasih

  2. hallo mas, saya juga pengguna CDN cloudflare..
    Namun ketika saya mencoba login di google webmaster tool, saya menemukan 5 url postingan terdapat kesalahan 522. Apakah itu pengaruh dari cloudflare ataukah hostingnya? saya cek url yang mengandung kesalahan tersebut, gak ada masalah, bisa di akses. Permasalahan seperti ini, dapat terjadi karena faktor apa yah mas?

  3. selamat siang gan , saya juga pengguna cloudflare, ketika saya ingin masuk ke situs beta.torrentbutler.eu terdapat kesalahan atau error 522. saya sudah mengikuti cara agan dengan memasukan alamat situs dan IP address saya tetapi masih bermasalah. mungkin ada pemecahan masalah nya gan. mohon saran nya, terima kasih 🙂

  4. Kalau pakai VPS cukup mahal rasanya kalau untuk blogger pemula karena kalau gak salah untuk VPS itu ada di level teratas dalam setiap web penyedia layanan hosting.
    untuk error 522 kalau gak salah saya juga pernah alami dengan beberapa penyebab. salah satunya settingan layanan hosting berubah dan itu otomatis harus minta ke pihak penyedia layanan untuk memperbaikinya.

  5. waduhh punya saya juga error 522 terus tapi kata admin hostingnya tidak ada perubahan ip. gimana lagi ya cara benerinya? soalnya kalau dibiarin saja ntr malah kabur pengunjungnya. mohon bantuanya terimakasih.

  6. Jika pihak hosting memiliki pelayanan yang buruk bagaimana gan, sudah 2 hari minta bantuan pihak hosting tentang IP tapi tidak ada tanggapan
    sementara saya tidak bisa akses wp admin, dan website saya juga tidak bisa di akses oleh siapapun setelah pakain server cloudflare

LEAVE A REPLY