Plugin Yang Wajib Diinstal pada WordPress 1 oleh tekno segiempatSaat ini cara membuat situs atau website sudah semakin dipermudah dengan adanya berbagai pilihan platform CMS. Salah satu platform CMS yang banyak digunakan oleh developer website dan juga blogger adalah WordPress. Platform ini memang memiliki banyak sekali fitur yang mempermudah penggunanya untuk kebutuhan website mulai dari tampilan, hingga optimasi pada halaman mesin pencari. Apalagi dengan menggunakan bantuan plugin tambahan, tentunya membuat website dengan WordPress akan jauh lebih menyenangkan dan mudah. Di bawah ini ada 4 plugin yang wajib Anda install jika Anda memang memilih WordPress sebagai platform website Anda.

  1. Plugin untuk SEO

Hal paling utama untuk sebuah website atau blog adalah SEO (Search Engine Optimazion). Banyak orang yang masih tidak tahu akan hal ini. Mereka hanya ingin membuat website dan kemudian ingin langsung muncul pada halaman pencarian Google. Saya pernah mendapat tawaran untuk membuat website, kemudian klien tersebut meminta untuk agar setiap hasil pencarian di Google memunculkan websitenya. Nah, inilah yang tidak dipahami oleh sebagian orang, apalagi untuk orang awam. Melakukan optimasi pada situs agar bisa muncul pada halaman pertama pencarian di Google memang cukup sulit. Anda harus melakukan research keyword (kata kunci), untuk menemukan saingan dari websiter Anda. Untuk memudahkan hal tersebut, saat ini telah banyak developer yang telah membuat plugin SEO agar memudahkan Anda untuk melakukan optimasi pada website Anda. Salah satu plugin yang sangat baik digunakan untuk SEO adalah WordPress SEO by Yoast. Plugin ini bekerja sangat efektif untuk website yang menggunakan platform CMS WordPress.

  1. Plugin untuk mengetahui jumlah pengunjung situs dan untuk sharing

Salah satu plugin yang sangat membantu dalam hal ini adalah JetPack. Jetpack merupakan plugin yang secara otomatis ditambahkan pada situs atau blog WordPress Anda. Plugin yang satu ini sangatlah membantu para pengguna situs dengan platform WordPress. Di dalam plugin ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti statistik data jumlah pengunjung Anda setiap harinya. Bukan hanya itu saja, plugin yang satu ini juga memungkinkan Anda menambahkan berbagai fitur menarik untuk situs WordPress Anda seperti sharing ke beberapa jejaring sosial (Facebook, Twitter, Path, LinkedIn, dan sebagainya).

  1. Plugin untuk blok spam

Spam merupakan hasil komentar yang dibuat oleh beberapa bot yang memenuhi kolom komentar Anda dengan berbagai link yang tidak jelas. Komentar ini pun datang dari berbagai Negara dengan bahasa yang berbeda-beda tentunya. Untuk memblok spam ini wordpress telah menyiapkan plugin bawaan yang bernama Akismet. Akismet terbukti akurat dalam memblok berbagai komentar spam-spam tersebut dari blog atau situs WordPress Anda. Salah satu jenis spam juga adalah user bot. Jika, Anda membuka halaman registrasi pada WordPress Anda sebaiknya Anda lengkapi halaman tersebut dengan captcha untuk memverifikasi user yang mendaftar, dan memastikan itu adalah manusia bukanlah bot. Plugin yang bisa Anda gunakan untuk captcha ini adalah Google Captcha.

  1. Plugin untuk backup

Sedia payung sebelum hujan adalah ungkapan yang bagus jika Anda berada dalam dunia komputer khususnya internet. Ada banyak hal yang tidak bisa kita prediksi kapan sesuatu akan terjadi pada beberapa data di komputer apalagi jika data tersebut bersifat online. Data tersebut bisa saja tiba-tiba terhapus yang disebabkan oleh ulah hacker atau mungkin Anda sendiri tidak sengaja menghapusnya. Nah, backup data adalah hal yang paling penting untuk Anda perhatikan. Tapi membackup data melalui Cpanel hosting tentunya memerlukan waktu khusus lagi. Untuk itu, Anda bisa menggunakan plugin yang bernama Google Drive for WordPress. Plugin ini akan melakukan backup database rutin secara otomatis ddan juga file yang ada dalam home direktori cpanel hosting Anda ke akun Google Drive.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY