Ada banyak cara untuk tetap mem-follow up para pembaca blog/situs dengan postingan-postingan dan update terbaru. Cara paling klasik yang sejak dulu digunakan adalah metode “Subscribe via email” (yang kebetulan juga masih kami sediakan). Fitur ini tersedia di WordPress secara default. Tujuannya adalah dengan mengumpulkan email para pembaca agar bisa difollow up untuk penawaran dan fitur-fitur baru kedepannya. Metode ini memang sangat manjur digunakan untuk situs/blog luar negeri karena kebanyakan orang di luar sudah sangat familiar dengan email. Bedanya dengan di Indonesia, hanya segelintir orang yang menggunakan email secara konstan, itupun hanya untuk kerja. Fitur berlanggan via email yang kami sediakan disini bahkan hanya memiliki rata-rata pendaftar 1 orang setiap 20.000 pengunjung. Itu angka yang sangat kecil sekali, tapi karena bekerja secara otomatis kami pikir tidak ada salahnya jika terus dipasang.

Tapi ada cara lain sekarang ini untuk bisa mendapatkan subscriber aktif yang akan terus kembali ke situs Anda dengan sukarela. Indonesia saat ini adalah salah satu pengguna terbesar sosial media di dunia, dan ini membuat semua bentuk promosi situs/blog Anda di sosial media menjadi masuk akal.

Salah satu cara terbaru untuk mendapatkan follower dan tweet gratis adalah dengan menggunakan bantuan plugin Tweet and Get it. Jika pada kebanyakan situs yang menyediakan file untuk didownload mengharuskan pembaca untuk mendaftar dan login dulu sebelum download, plugin ini mengharuskan pembaca untuk mentweet dulu sebelum download. Jadi pada intinya, Anda memberikan file yang bisa didownload secara gratis, namun dengan timbal balik tweet dan follower secara gratis pula. Sederhana namun efektif. Plugin ini baik untuk situs/blog yang memberikan download film, video atau referensi dalam bentuk MS Word atau PDF.

Untuk memulai, silahkan install plugin Tweet And Get It melalui Dashboard situs WordPress Anda.

Setelah plugin terinstall, sebuah tab baru “Tweet And Get It” akan muncul. Klik tombol “Create A New Button“. Isi semua informasi akun Twitter Anda yang diperlukan, kalimat tweet yang akan dibagikan oleh para pembaca sebelum download, lampirkan filenya lalu klik tombol “Create“.

tweet and get it options oleh segiempat

Anda kemudian bisa menampilkan tombol yang telah dibuat tadi di dalam postingan Anda dengan menggunakan shortcode. Anda bisa menemukan shortcode untuk masing-masing tombol yang sudah Anda buat di tab Manage Buttons.

manage buttons tweet and get it oleh segiempat

Ketika kamu sudah memasukkan shortcodenya ke dalam postingan, tombol tersebut akan tampil. Ketika para pembaca Anda mengklik tombol tersebut, mereka diharuskan untuk memfollow twitter Anda dan mentweet tentang situs Anda sebelum bisa mengakses link download file tersebut.

Semoga postingan ini dapat membantu situs/blog Anda untuk semakin viral (Catatan: plugin ini sudah tidak update untuk waktu yang lama. Ada kemungkinan error dan konflik terjadi dengan WordPress versi terbaru. Gunakan dengan risiko Anda sendiri.)

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY