WordPress secara default memiliki fitur yang memungkinkan Anda membuat galeri gambar dalam postingan ataupun halaman blog atau situs WordPress Anda. Penggunaan fitur ini sudah kami jelaskan sebelumnya di artikel cara membuat galeri gambar di postingan WordPress. Tapi menggunakan fitur galeri standar WordPress akan menimbulkan 2 masalah umum: Pertama, galeri akan mengambil semua gambar yang terkait dengan postingan/halaman Anda ke dalam galeri gambar. Kedua, Anda hanya dapat membuat satu galeri gambar saja untuk setiap postingan atau halaman. Pada artikel ini akan kami berikan cara untuk melewati semua batasan tersebut tanpa harus mengutak-atik kode theme apapun.

Untuk memasukkan lebih dari satu galeri gambar dalam postingan/halaman blog WordPress Anda, cara termudah yang bisa kami berikan adalah dengan Multiple Galleries Plugin. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengaktifkannya, silahkan baca langkah demi langkah cara menginstal plugin di WordPress yang sudah pernah kami tulis sebelumnya.

Setelah Anda selesai menginstal plugin ini, silahkan edit postingan/halaman yang ingin Anda ubah. Jika Anda memutuskan untuk membuat postingan baru, silahkan klik Create A New Post. Setelah berada di dalam edit mode, klik ikon Upload Media.

gambar upload media oleh segiempat

Disini Anda akan melihat gambar-gambar yang sudah Anda upload dan masukkan ke dalam galeri Anda. Gambar yang tercentang adalah gambar-gambar yang dimasukkan ke dalam galeri.

gambar galeri gambar wordpress oleh segiempat

Lalu bagaiamana cara membuat galeri baru? Plugin yang tadi telah Anda install sudah memungkinkan Anda untuk membuat galeri baru. Silahkan upload gambar-gambar yang akan dimasukkan di galeri berikutnya dan klik Create New Gallery.

Yang Anda lakukan berikutnya tidak berbeda dengan cara membuat galeri gambar seperti biasa, hanya saja saat ini Anda sudah tidak akan dibatasi dengan satu galeri saja dalam setiap postingan atau halaman. Jika Anda belum tau cara membuat galeri, baca postingan sebelumnya tentang cara membuat galeri gambar pada postingan.

 

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY