Ada kalanya kita harus memasang lebih dari satu gambar dalam sebuah postingan di situs WordPress. Apakah itu postingan mengenai profil selebriti, wallpaper untuk desktop ataupun sekedar serangkaian foto narsis liburan Anda. Beberapa gambar dalam satu postingan WordPress bisa dibuat menjadi satu galeri dimana mereka akan ditampilkan dalam sebuah kolom khusus yang akan terlihat lebih menarik dan teratur. Untuk membuat galeri seperti ini, kebanyakan webmaster berpikir untuk menggunakan bantuan plugin. Padahal sebenarnya WordPress memiliki fitur galeri yang bisa digunakan dengan mudah tanpa bantuan plugin, hanya saja tidak banyak diketahui oleh webmsater.

Pada artikel ini akan saya berikan tutorial pendek cara menampilkan galeri gambar dalam postingan di situs WordPress Anda.

Membuat Galeri Gambar Dalam Postingan Blog

Yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat postingan baru atau Create New Post. Jika Anda ingin menambahkan galeri gambar ke dalam postingan WordPress yang sudah Anda buat sebelumnya, klik Edit pada postingan tersebut. Ketika Anda sudah berada dalam tampilan pengeditan, klik Add Media (seperti gambar di bawah).

gambar add media wordpress oleh segiempat

Ketika Media Uploader sudah muncul, centang semua gambar yang ingin Anda masukkan ke dalam galeri blog Anda, kemudian klik Create New Gallery pada menu di sebelah kiri atas Media Uploader tersebut.

gambar create gallery oleh segiempat

Media Uploader kemudian akan menampilkan gambar-gambar yang telah Anda pilih tadi dalam bentuk pengeditan galeri. Disini Anda bisa memasukkan caption atau keterangan masing-masing gambar dan juga menyusun urutan gambar-gambar tersebut. Mengurut susunan gambar bisa dilakukan dengan men-drag gambar Anda ke urutan yang diinginkan. Setelah selesai mengedit galeri, klik Insert Gallery.

gambar edit galeri oleh segiempat

Ketika Insert Gallery diklik, Media Uploader akan tertutup dan WordPress secara otomatis akan memasukkan kode galeri ke dalam postingan Anda. Jika Anda menggunakan tab Visual,  maka akan tampil sebuah kotak gambar di area postingan Anda yang mengindikasikan posisi galeri di dalam postingan nantinya.

gambar kotak galeri postingan oleh segiempat

Jika Anda menggunakan tab Text editor untuk memposting, makan Anda akan melihat shortcode galeri. Shortcodenya kurang lebih seperti ini:

 

Cek tampilan galeri Anda dengan mengklik preview. Jika Anda tidak puas dengan tampilan galerinya, Anda selalu bisa mengklik Add Media lagi untuk mengedit galeri yang sudah Anda buat tadi. Disini Anda bisa mengatur ulang susunan gambar, menambah atau mengurangi kolom gambar, mengeluarkan atau memasukkan gambar baru atau mengedit deskripsi gambar-gambar galeri Anda. Ketika Anda sudah puas dengan tampilan galeri Anda, postingan sudah bisa diterbitkan dan semua pembaca Anda sudah akan bisa melihat galeri tersebut.

Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan, langsung saja dilemparkan ke kolom komentar di bawah.

* * * * *
Buku Formula Cinta

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY