WordPress merupakan CMS gratisan yang sangat banyak digunakan oleh developer situs saat ini. Karena berbasis CMS maka tampilannya tentunya lebih menarik. Yang membuatnya lebih menarik lagi adalah, Anda tidak perlu bersusah payah dalam membuat tema atau tampilan sendiri lagi. Pasalnya, sudah banyak tema dengan fitur dan tampilan terbaik sudah disediakan oleh platform CMS gratisan ini. Ada juga beberapa plugin atau aplikasi yang dapat mempermudah Anda dalam melakukan editing serta penambahan fitur atau menu pada situs WordPress Anda, yang salah satunya akan Saya bahas pada artikel kali ini.

Tombol like (suka) dan juga dislike (tidak suka) pada sosial media seperti Facebook memang telah lama muncul. Tapi, bagaimana jika tombol tersebut Anda hadirkan sendiri pada halaman postingan untuk masing – masing artikel Anda di WordPress. Ini tentunya akan memberikan tampilan yang berbeda sendiri untuk situs WordPress Anda. Dengan cara ini pula Anda dapat dengan mudah untuk mengetahui seberapa besar pengunjung Anda dapat berinteraksi dengan situs Anda. Anda pun dapat dengan mudah mengetahui seberapa bagus tulisan atau artikel yang ada pada situs Anda.

Untuk para pemiliki situs atau website dengan platform berbasis CMS dari WordPress, maka cara ini bisa Anda coba dengan, mengikuti langkah – langkah lengkapnya di bawah ini.

Langkah – langkah dalam memasang tombol like dan dislike di situs WordPress:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mendownload plugin WordPress yang bernama WTI Like Post. Plugin ini bersifat gratisan, jadi Anda bisa mencarinya langsung pada halaman plugin WordPress Anda.
  2. Setelah Anda berhasil mendownload plugin tersebut, silahkan Anda install dan juga aktifkan plugin tersebut di website Anda.
  3. Untuk tahapan selanjutnya Anda cukup melakukan sedikit perubahan pada setingannya, dengan masuk pada menu Setting Konfgurasi plugin WTI Like Post tersebut. Untuk masuk ke menu settingnnya adalah Anda cukup mengarahkan kursor pada menu Settings lalu klik pada WTI Like Post. Lakukan setting seperti pada gambar di bawah ini.

Memberi Tombol Suka dan Tidak Suka Pada Artikel di Situs WordPress 1 oleh tekno segiempat

  1. Jika, Anda telah melakukan setting plugin, maka Anda bisa melihat bentuk dari tampilan tombol like dan dislike tersebut muncul pada setiap halaman posting artikel Anda, seperti pada tampilan gambar di bawah ini.

Memberi Tombol Suka dan Tidak Suka Pada Artikel di Situs WordPress 2 oleh tekno segiempat

Kelebihan dari plugin ini adalah, Anda dapat pula memunculkannya pada bagian Widget. Di widget ada dua pilihan yang bisa Anda tampilkan yaitu artikel dengan paling banyak yang like (Most Liked Post), atau artikel paling terakhir dilike oleh pengunjung (Recently Liked Post). Anda cukup memilih salah satu opsi tampilan Widget yang ingin Anda tampilkan pada sidebar situs Wordpres Anda. Sebagai pengingat bahwa, cara ini hanya bisa berlaku untuk pengguna situs WordPress dengan hosting. Jika Anda masih menggunakan hosting atau mengikut pada WordPress, maka cara ini pasti tidak bisa Anda lakukan. Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY