WordPress merupakan salah satu platform CMS yang saat ini banyak sekali digunakan. Melihat perkembangan tersebut, para webhosting pun memiliki sendiri fitur untuk pilihan penggunana CMS ini. Hanya saja layanan yang disediakan oleh webhosting ini terkadang cukup mahal. Jadi, Saya biasanya lebih memilih paket hosting standar saja yang di dalamnya juga bisa Anda gunakan untuk menginstal WordPress. Para developer website pun lebih banyak beralih menggunakan CMS yang satu ini. Pasalnya, WordPress sangat mudah untuk diinstal pada webhosting. Search engine (Mesin pencari) juga lebih familiar dengan situs yang berbasis WordPress.

Anda pun dapat dengan mudah melakukan modifikasi pada tema. Bahkan, untuk Anda yang tidak tahu sama sekali mengenai script PHP, CSS, dan lain-lain, WordPress akan mempermudah Anda. Pilihan tema yang disediakan oleh WordPress sangatlah banyak dan juga gratisan. Anda cukup mencari tema sesuai dengan kategori situs yang miliki tersebut, kemudian Anda install dan aktifkan pada situs Anda. WordPress juga memiliki plugin yang merupakan aplikasi tambahan untuk memudahkan Anda dalam mengoperasikan WordPress. Salah satu plugin yang memudahkan Anda dalam mengontrol situs yang di dalamnya ada banyak user sebagai penulis adalah Restrict Author. Plugin ini akan mempermudah Anda dalam mengontrol penulis (Author) untuk mengarahkannya ke kategori tulisan yang dikhususkan untuk mereka. Cara menggunakan plugin tersebut bisa Anda simak di bawah ini.

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan menambahkan plugin yang bernama Restrict Author Posting. Instal plugin tersebut kemudian aktifkan pada situs Anda yang menggunakan platform WordPress. Jika, Anda telah mengaktifkan plugin tersebut, maka langkah selanjutnya adalah dengan masuk pada menu Users, dan lanjut dengan mengklik link edit pada user yang ingin Anda batasi akses katetori untuk artikelnya.

Membatasi Pilihan Kategori Tertentu untuk Author di WordPress 1 oleh tekno segiempat

Setelah Anda masuk pada halaman profil author WordPress Anda, coba Anda scroll ke arah bawah, sampai Anda melihat menu yang bertuliskan Restrict Author Post to a category. Pada menu yang muncul yang bertuliskan “Writing to :” Anda pilih kategori khusus yang ingin Anda tetapkan pada penulis tersebut.

Membatasi Pilihan Kategori Tertentu untuk Author di WordPress 2 oleh tekno segiempat

Setelah itu Anda klik Update user, dan beberapa saat kemudian penulis (Author) tersebut akan menerima email berupa notifikasi bahwa penulis hanya diberikan akses untuk kategori yang dipilihkan saja. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot mengatur manual kategori untuk setiap penulis di situs WordPress Anda. Penulis pun tidak perlu lagi mencentang pilihan kategori pada setiap tulisan artikelnya, yang terkadang mereka lupa untuk dilakukan.Membatasi Pilihan Kategori Tertentu untuk Author di WordPress 3 oleh tekno segiempat

Untuk menghilangkan batasan akses untuk pilihan kategori artikel tersebut, maka Anda cukup masuk pada masing – masing user yang telah diberi batasan tersebut. Kemudian, Anda ubah pada pilihan kategori tersebut menjadi No Restrict.

Dengan cara ini maka penulis Anda akan lebih fokus dalam menuliskan artikel yang sesuai dengan kategori yang telah ditentukan sebelumnya. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir akan kesalahan dalam memilih kategori oleh setiap penulis yang Anda rekrut pada situs Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY