cara untuk tidak menampilkan iklan adsense di kategori tertentuGoogle adsense adalah salah satu program PPC terbesar di dunia. Hingga saat ini, dominasi Google Adsense dalam dunia PPC masih tidak dapat tertandingi. Singkatnya, mereka menyediakan database pengiklan paling besar untuk publisher dan juga rate tertinggi dalam program PPC di hampir setiap negara. Jika situs Anda adalah sebuah proyek monetasi yang serius, saya sangat menyarankan Anda menggunakan Google Adsense.

Tapi seperti yang kita semua ketahui, Adsense juga adalah salah satu program PPC yang paling ‘rewel’ ketika digunakan. Mereka menetapkan kebijakan kepada publisher untuk tidak menampilkan iklan mereka di konten-konten tertentu. Semua konten yang mereka maksud sudah mereka paparkan di Google Adsense Guidline secara mendetail. Salah satunya adalah konten yang tergolong dewasa.

Tapi tidak dapat dipungkiri, terkadang kita tidak bermaksud membuat konten berbau dewasa tanpa tujuan yang ‘mulia’. Anggap saja Anda ingin memberikan informasi tentang cara menghindari potensi kanker payudara. Anda mungkin saja hanya berniat untuk memberikan informasi edukasional untuk pembaca, tapi kata payudara adalah salah satu kata kunci yang Google anggap sebagai potensi kata kunci konten dewasa. Akun Google Adsense Anda bisa saja kena ban hanya karena ini, dan Google tidak akan mau tahu.

Jadi untuk amannya, saya sarankan Anda membuat beberapa kategori tertentu dimana Anda bisa dengan leluasa memberikan informasi dewasa kepada para pembaca Anda. Khususnya pada kategori-kategori ini, jangan tampilkan iklan Google Adsense. Kode di bawah dapat Anda gunakan untuk tidak menampilkan iklan adsense di kategori tertentu blog WordPress Anda.


if (in_category('dewasa') ) {
the_content();
} else {
// Masukkan iklan disini
the_content();
}

Masukkan kode di atas ke single.php theme/tema WordPress yang Anda gunakan. Temukan dulu kode ‘the_content()’ pada halaman tersebut, lalu ganti dengan kode diatas.

Pada kode di atas, kita memerintahkan WordPress untuk tidak menampilkan iklan di kategori ‘dewasa’. Silahkan ganti kata ‘dewasa’ di atas dengan kategori dimana iklan adsense Anda tidak ingin Anda tampilkan. Kemudian masukkan kode iklan Anda pada baris ‘<!– masukkan iklan disini –>’. Pada kode tersebut saya menempatkan kode iklan di atas konten postingan Anda. Anda bisa memindahkan ini ke bawah postingan dengan memasukkan kode iklan Anda setelah the_content() yang kedua. Anda juga dapat menggunakan kode yang pernah saya berikan untuk memasukkan iklan Anda diantara paragraf.

Kode diatas tidak hanya bekerja untuk kode iklan adsense saja, tapi semua kode iklan PPC lainnya ataupun kode pemanggil banner Anda.

Teknik ini juga kami gunakan di semua sub-situs SegiEmpat agar kami leluasa memberikan informasi apa saja yang kami anggap penting untuk pembaca tanpa harus melanggar kesepakatan dengan Google. Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY