Bentuk permalink WordPress secara default ‘tidak ramah’ dengan Search Engine atau mesin pencari. Tidak ramah disini maksudnya, permalink WordPress secara default tidak menjelaskan hirarki dokumentasi dan direktori postingan tersebut. Saya tahu Anda semakin bingung dengan penjelasan ini. Untuk dapat mengerti, dalam postingan ini akan saya jelaskan cara untuk membuat struktur permalink yang baik untuk blog WordPress Anda.

Kenapa Harus Struktur Permalink yang SEO Friendly?

Ketika permalink Anda dibuat dengan struktur yang SEO Friendly atau ramah terhadap mesin pencari, Anda meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan peringkat yang tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari seperti Google dan Bing. Pengunjung dari mesin pencari pada dasarnya adalah sumber pengunjung yang terbanyak untuk semua website. Berdasarkan pengalaman saya dengan SEO, Google memberikan nilai ekstra kepada halaman-halaman situs dengan struktur URL (struktur permalink) yang baik, maka dari itu saya menyarankannya kepada Anda.

Bagaimana Cara Membuat Stuktur Permalink yang Baik untuk WordPress?

Secara default, struktur URL WordPress kelihatan ‘robotik’ dan sama sekali tidak ramah terhadap mesin pencari. Struktur WordPress ini hanya menunjukkan nomer ID dari halaman yang Anda posting.

Secara default, seperti ini stuktur permalink WordPress

http://segiempat.com/?p=25

Tujuan dari membuat struktur URL semakin ramah adalah membantu pengunjung Anda mengetahui apa yang mereka baca bahkan sebelum membaca konten dari halaman Anda. Tujuan inilah juga yang berusaha dipenuhi oleh mesin pencari kepada para pengguna mereka.

1. Masuk ke Halaman Permalinks

Pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam Dahsboard area Anda. Pada tab ‘Settings’, Anda akan menemukan pilihan ‘Permalinks’. Anda akan masuk ke dalam halaman untuk mengatur struktur permalink Anda. Di dalam halaman tersebut akan tampil 5 pilihan bentuk permalink. Silahkan centang pilihan kelima yaitu ‘Custom Structure’.

2. Pilih Bentuk Struktur yang Anda Inginkan

Banyak sekali cara untuk membuat stuktur URL yang baik. WordPress memberikan 4 bentuk URL yang mereka sarankan. Tapi ke empat pilihan tersebut bukan bentuk struktur yang saya sarankan. Struktur URL yang saya sarankan adalah:

/%category%/%postname%/

Jika Anda ingin bentuk URL untuk halaman yang statis, Anda bisa menggunakan struktur ini:

/%category%/%postname%.html

Dengan stuktur URL seperti ini, permalink Anda akan penuh dengan kata kunci yang terkait dengan kategori dan judul halaman. Contohnya struktur URL di bawah ini:

http://cara.segiempat.com/teknologi/komputer/cara-membuat-ctrlaltdel-langsung-mengakses-task-manager-pada-windows-7/

Selain dari struktur URL yang saya sarankan diatas, ada beberapa pilihan lain untuk membentuk struktur permalink WordPress Anda. Setiap webmaster memiliki keyakinan berbeda-beda tentang bagaimana sebaiknya struktur url pada website mereka. Untuk mengetahui beberapa kombinasi yang dapat digunakan, silahkan baca dokumentasi di bawah ini.

%year% – Tahun terpostingnya halaman, 4 digit, contohnya 2013

%monthnum% – Bulan dipostingnya halaman, 2 digit, contohnya 05

%day% – Tanggal dipostignya halaman, 2 digit, contohnya 17

%hour% – Jam dipostingnya halaman, 2 digit, contohnya 23

%minute% – Menit dipostingnya halaman, 2 digit, contohnya 35

%second% – Detik dipostingnya halaman, 2 digit, contohnya 06

%postname% – Bentuk url dari judul postingan itu sendiri (seperti post slug pada halaman Edit Post/Page), contoh Cara Membuat Tas Ransel dari Plastik menjadi cara-membuat-tas-ransel-dari-plastik.

%post_id% – Angka ID yang unik untuk masing-masing postingan, contohnya 256

%category% – Bentuk url dari kategori (seperti kategori slug pada halaman New/Edit Category) Contohnya kategori Tutorial WordPress menjadi tutorial-wordpress.

%author% – Bentuk URL dari nama penulis, contohnya Erwin Miradi menjadi erwin-miradi.

Informasi selengkapnya tentang tag yang bisa Anda gunakan bisa didapatkan di WordPress Codex tentang Permalinks.

Setelah Anda memilih kombinasi tags, paste ke dalam bagian bagian custom structure dan klik “Save Changes”. Dengan begini file .htacess Anda akan secara otomatis terupdate, dan URL akan langsung berubah. Saya sarankan Anda melakukan ini begitu Anda memulai sebuah blog baru agar Anda tidak perlu lagi melewati proses index ulang dari search engine, karena dengan merubah struktur permalink maka mesin pencari harus kembali ke setiap postingan lama untuk mengindentifikasi perubahan tersebut.

* * * * *
Buku Formula Cinta

35 COMMENTS

  1. thanks gan,,, lupa lagi ane pasang permalink,,, lengkap nih info nya,,, gk prlu buka yg lain,,, hehe
    buat pasang di blog baru saya

  2. ternyata permalink juga salah satu faktor buat seo yah, baru sekarang mau pake category di tiap url artikel, semoga web saya yang baru lebih seo friendly, thanks buat tips nya

LEAVE A REPLY