Redirect pengunjung ke random post tidak selalu dibutuhkan dalam setiap pembuatan blog/situs berbasis WordPress. Cara ini sebenarnya paling banyak digunakan saat AGC masih merajai hasil pencarian di Google Indonesia. Ilmu ini sebenarnya dapat diaplikasikan di blog white hat juga, tentunya dengan efek ‘jahat’ yang tidak terlalu besar hehe…

Meredirect pengunjung ke random post biasanya digunakan ketika hasil pencarian tidak memunculkan hasil apa-apa. Ketika seorang pengunjung melakukan pencarian yang hasilnya nihil, 99% kemungkinan pengunjung tersebut akan meninggalkan blog Anda. Untuk menghindari ini, Anda dapat sedikit mengambil resiko dengan mengarahkan mereka ke postingan yang acak.

Di atas adalah salah satu bentuk penggunaannya saja. Anda bisa meredirect pengunjung Anda ke postingan acak untuk alasan apapun yang Anda perlu. Caranya sangat mudah, hanya dengan memasukkan kode di bawah ini ke dalam functions.php theme/tema yang Anda gunakan:


add_action('init','redirect_random');
function redirect_random() {
global $wp;
$wp->add_query_var('random');
add_rewrite_rule('random/?$', 'index.php?random=1', 'top');
}

add_action('template_redirect','random_template');
function random_template() {
if (get_query_var('random') == 1) {
$posts = get_posts('post_type=post&orderby=rand&numberposts=1');
foreach($posts as $post) {
$link = get_permalink($post);
}
wp_redirect($link,307);
exit;
}
}

Pada kode di atas, kita memerintahkan WordPress untuk mengenali sebuah variabel yang kita beri nama random. Dengan ini, WordPress akan mengarahkan pengunjung dengan redirect 307 ke halaman yang berisi postingan yang dipilih secara acak. Kita menggunakan redirect 307 karena ini adalah temporary redirect yang tidak akan merubah halaman apapun yang sudah diindex mesin pencari dari blog Anda.

Dengan menggunakan kode di atas, Anda hanya perlu mengarahkan pembaca ke bloganda.com/random untuk memerintahkan WordPress mengeksekusi random post untuk mereka. Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY