Ketika seorang pembaca blog/situs Anda melakukan pencarian, WordPress akan mengambil semua postingan yang pernah Anda buat berdasarkan kata kunci pencarian yang dimasukkan oleh pembaca tersebut. Tergantung dari kata kunci pencariannya, biasanya WordPress menampilkan beberapa postingan yang mungkin berhubungan dengan apa yang dicari oleh pembaca Anda. Tapi dalam beberapa kasus, halaman pencarian WordPress Anda hanya menampilkan satu hasil saja. Mungkin karena memang Anda baru menulis satu postingan yang terkait dengan yang dicari oleh pembaca Anda.

Ketika hal ini terjadi, baiknya Anda langsung mengarahkan sang pembaca ke postingan tersebut. Mengarahkan pembaca dari halaman satu ke halaman lain secara otomatis disebut dengan redirect. Pada tutorial WordPress kali ini, akan saya berikan cara untuk redirect secara otomatis ketika hanya ada satu hasil pencarian di blog/situs WordPress Anda.

Caranya tidak sulit, hanya dengan memasukkan kode di bawah ini ke dalam functions.php theme/tema WordPress yang Anda gunakan:


function redirect_search() {
if (is_search()) {
global $wp_query;
if ($wp_query->post_count == 1) {
wp_redirect( get_permalink( $wp_query->posts['0']->ID ) );
}
}
}
add_action('template_redirect', 'redirect_search');

Dengan kode di atas, ketika pembaca hanya menemukan satu postingan dalam pencarian mereka, secara otomatis mereka akan langsung diarahkan ke postingan tersebut. Selamat mencoba.

 

 

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY