Pada artikel sebelum tentang tutorial WordPress Saya membahas mengenai “Cara backup situs WordPress untuk pindah hosting“. Untuk melengkapi tutorial artikel WordPress tersebut, maka ini adalah artikel lanjutannya. Silahkan Anda lihat langkah-langkah merestore database hosting WordPress lama ke hosting baru di bawah ini.

– Silahkan Anda login ke hosting baru Anda dengan user dan password cpanel yang telah Anda miliki.

– Jika Anda telah berhasil login, maka cari lagi kata kunci “data”. Klik icon MySQL Database Wizar yang muncul. Kemudian, buatlah database dan juga username baru untuk memindahkan database lama Anda.

– Beri nama pada database baru tersebut, lalu lanjut dengan mengklik tombol Next Step.

Cara Pindahkan Database WordPress dari Hosting Lama ke Baru 1 oleh tekno segiempat

– Pada tahap selanjutnya Anda membuat username dan juga password untuk databasenya. Buatlah password yang mudah Anda ingat tapi sulit untuk ditembus. Setelah itu klik tombol Create User.

Cara Pindahkan Database WordPress dari Hosting Lama ke Baru 2 oleh tekno segiempat

– Di halaman selanjutnya Anda harus mencentang semua opsi yang muncul atau cukup dengan mencentang All Priviliges, dan klik lagi Next Step, dan database baru Anda sudah selesai. Database baru inilah yang akan digunakan untuk memasukkan database dari hosting WordPress lama Anda.

– Kini Anda klik tombol Home untuk kembali pada halaman utama cPanel hosting Anda. Ketikkan kata kunci “php” dan klik icon dengan nama “phpMyAdmin” yang muncul. Setelah halaman phpMyAdmin terbuka, silahkan klik nama database yang telah dibuat tadi di sidebar kiri. Kemudian klik pada tab Impor.

Cara Pindahkan Database WordPress dari Hosting Lama ke Baru 3 oleh tekno segiempat

– Setelah halaman Impor terbuka, silahkan Anda cari file yang telah dibackup sebelumnya dengan mengklik tombol Choose File. File tersebut biasanya berekstensi “.gz” atau “.sql”, yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Jika, database telah Anda pilih maka klik tombol Go yang ada paling bawah halaman Import ini.

Cara Pindahkan Database WordPress dari Hosting Lama ke Baru 3-1 oleh tekno segiempat

– Setelah itu, Anda upload lagi file public_html dengan cara kembali ke halaman utama cPanel dan ketikkan pencarian “file” dan klik icon dengan nama File Manager. Klik saja OK jika ada pop up yang muncul.Cara Pindahkan Database WordPress dari Hosting Lama ke Baru 3-2 oleh tekno segiempat

– Setelah file manager terbuka, klik tombol Upload yang ada pada tab paling di atas. Kemudian, Anda cari file publich_html di drive komputer Anda yang dalam bentuk zip. Jika sudah selesai terupload maka, klik kanan file tersebut dan pilih ekstrak.

Cara Pindahkan Database WordPress dari Hosting Lama ke Baru 4 oleh tekno segiempat

– Untuk tahap terakhir Anda cukup membuka file wp_config.php pada halaman public_html Anda, kemudian merubah DB_NAME, DB_USER, dan juga DB_PASSWORD sesuai dengan database baru yang Anda buat pada hosting baru ini.

Cara Pindahkan Database WordPress dari Hosting Lama ke Baru 5 oleh tekno segiempat

Nah, sekarang semua database dari hosting lama Anda sudah pindah ke hosting baru yang lebih cepat. Untuk tahap selanjutnya adalah Anda arahkan domain dari situs Anda, melalui akun domain registrar Anda. Tunggu hingga maksimal 2×24 jam masa propagasi dari hosting, dan kini situs Anda sudah terbuka kembali dengan hosting baru yang lebih kuat menampung jumlah pengunjung.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY