Menulis artikel yang menguras ide dan pikiran kita seharian memang cukup melelahkan. Tapi, akan lebih melelahkan dan sekaligus menjengkelkan juga jika artikel yang Anda buat tadi dicopas oleh website lain. Apalagi jika sistem copasnya 100%, tanpa merubah beberapa kata atau kalimat yang ada di dalamnya dan juga tidak ada link yang mengarah ke situs Anda sendiri. Seperti yang dilakukan situs yang bernama cerita.xstar.asia ini. Bisa dikatakan 99% artikel yang ada di SegiEmpat dicopasnya lengkap dengan titik koma, dan penempatan gambarnya. Nah, di bawah ini Saya memiliki tips efektif untuk memberi tanda bahwa artikel tersebut adalah hak milik situs Anda dengan memberi watermark pada setiap gambar yang ditambahkan di artikel.

Caranya memberi watermark atau tanda pada setiap gambar yang telah diupload di artikel blog And adalah dengan menggunakan plugin. Saya memiliki 2 pilihan plugin yang khusus digunakan untuk website berbasis WordPress yang bernama Image Watermark Plugin dan Easy Watermark.

  • Image Watermark Plugin

Silahkan Anda download kemudian langsung install plugin ini langsung dari halaman pencarian plugin di situs WordPress Anda.

Setelah Anda berhasil menginstal plugin tersebut, silahkan Anda langsung masuk pada menu Setting website WordPress Anda, dan pilih Watermark seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Otomatis Membuat Watermark Pada Gambar Postingan WordPress 1 oleh tekno segiempat

Setelah masuk halaman plugin ini Anda akan langsung berada pada halaman Setting. Pada halaman setting dari plugin Image Watermark ini Anda bisa menentukan pilihan lokasi atau posisi dari watermark yang akan Anda tempelkan pada gambar. Pengaturannya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Otomatis Membuat Watermark Pada Gambar Postingan WordPress 2 oleh tekno segiempat

Pastikan opsi pertama dari pengaturan plugin ini Anda berikan tanda centang (Cek box). Agar setiap Anda mengupload gambar, maka secara otomatis watermark yang Anda siapkan langsung terpasang.

Untuk pengaturan lainnya menurut Saya sudah sangat jelas, hanya membutuhkan sedikit kemampuan bahasa Inggris untuk mengetahui opsi-opsi lainnya. Yang perlu Anda perhatikan dari plugin Watermark untuk WordPress ini adalah image protection. Jika, Anda tidak ingin gambar dalam artikel Anda dicuri begitu saja, maka silahkan Anda aktifkan fitur Image Protection ini. Fitur ini bisa mematikan klik kanan khusus pada gambar.

  • Easy Watermark

Plugin yang kedua ini lebih simpel dari plugin watermark Di atas. Langkah-langkah penggunaannya bisa Anda lihat di bawah ini.

– Silahkan cari pluginnya pada halaman pencarian plugin situs WordPress Anda, kemudian langsung install pluginnya.

– Siapkanlah logo atau icon yang ingin Anda masukkan sebagai watermark pada gambar yang ada dalam artikel Anda.

– Pad tab General setting plugin ini, Anda perhatikan pada opsi pertama yaitu beri tanda centang agar setiap Anda menguplad gambar maka watermark juga akan terpasang.

Cara Otomatis Membuat Watermark Pada Gambar Postingan WordPress 3 oleh tekno segiempat

– Silahkan pilih posisi penempatan watermark.

Cara Otomatis Membuat Watermark Pada Gambar Postingan WordPress 4 oleh tekno segiempatCara Otomatis Membuat Watermark Pada Gambar Postingan WordPress 5 oleh tekno segiempat

– Setelah semua selesai, maka untuk menambahkan watermark pada semua gambar yang telah Anda upload sebelumnya adalah masuk pada Media -> Easywatermark -> Dan klik pada Add watermark to all image. Tapi ini akan berpengaruh untuk semua gambar yang telah Anda upload sebelumnya, termasuk logo dari situs Anda tentunya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

  1. Terkadang meskipun ada watermarknya, orang bisa saja mengedit atau menghilangkan waterark tersebut, pertanyaan sya adalah plugin wordpress tersebut kompetible ga dengan wordpress saya 4.7? terima kasih

LEAVE A REPLY