Bagi Anda yang memiliki situs WordPress dan memiliki pengunjung yang sudah mulai membengkak, maka pasti sering ada gangguan server error karena resource limit. Karena, hal tersebut maka sebaiknya Anda pindah hosting yang memiliki paket server yang kuat. Nah, kali ini Saya akan membagikan artikel tutorial WordPress tentang cara pindah hosting lama ke hosting baru. Pada tutorial ini Saya proyeksikan Anda sudah memiliki akun pada hosting baru. Jadi, kita lanjut saja untuk membackup dulu database dari hosting lama dengan dua cara di bawah ini.

Cara Mudah Backup Situs WordPress Untuk Pindah Hosting 1 oleh tekno segiempat

Cara pertama backup langsung secara keseluruhan

– Silahkan Anda login pada akun cPanel hosting situs WordPress Anda yang lama. Di dalam menu cPanel tersebut kemudian cari menu Back up, atau ketikkan saja pada kolom pencarian kata kunci “Back”.

– Klik icon Back up yang muncul tersebut, dan Anda akan diarahkan ke halaman baru.

Cara Mudah Backup Situs WordPress Untuk Pindah Hosting 2 oleh tekno segiempat

– Di halaman back up ini Anda klik saja tombol bertuliskan “Download a Full Website Backup”. Kemudian klik lagi tombol yang bertuliskan “Generate back up”. Hosting akan memproses backup dari file-fiel yang ada di situs Anda. Untuk mengetahui apakah proses backup telah selesai, maka refresh saja browser Anda. Setelah proses backup selesai, maka Anda tinggal mengklik link tersebut untuk mulai proses download. Waktu download tergantung jumlah file Anda dan juga kecepatan internet yang Anda gunakan.

– Jika, Anda telah selesai mendownload file tersebut secara utuh, maka langkah selanjutnya adalah ekstrak file tersebut. Kemudian, Anda cari dua file yang satu dalam bentuk bernama “public_html” dan yang kedua adalah file dalam bentuk database dengan ekstensi “.sql” yang biasanya dalam folder mysql. Pindahkan dua file tersebut ke folder terpisah yang mudah Anda temukan. Kemudian lakukan kompres dalam bentuk zip untuk folder public_html.

Cara kedua partial backup

Cara kedua ini akan lebih mempermudah Anda dalam mendownload file khusus untuk situs WordPress Anda saja, tanpa mengikutkan file-file yang tidak dibutuhkan atau database lainnya.

Cara Mudah Backup Situs WordPress Untuk Pindah Hosting 3 oleh tekno segiempat

– Anda cukup mengklik tombol Download, maka proses download akan langsung berjalan dengan mendownload secara keseluruhan file pada hosting Anda tersebut.

– Kemudian Anda download lagi file database yang berupa file “sql” dengan memilih database sesuai dengan yang aktif. Untuk mengetahui nama database yang Anda gunakan pada situs WordPress Anda maka Anda bisa mengeceknya pada file public_html > wp_config.php. di dalam file ini cari tulisan DB_NAME untuk mengetahui nama database Anda. Kemudian samakan dengan database yang ingin Anda download tersebut.

Cara Mudah Backup Situs WordPress Untuk Pindah Hosting 4 oleh tekno segiempat

Nah, kini file database situs WordPress Anda sudah aman dan terbackup secara keseluruhan pada komputer Anda. langkah selanjutnya adalah memindahkannya pada layanan hosting baru yang lebih murah. Langkah restore file database WordPress ke hosting baru ini akan Saya bahas pada artikel selanjutnya yang berjudulu “Cara Pindahkan Database WordPress dari Hosting Lama ke Baru”.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY