Para pengguna blog atau situs yang menggunakan platform Blogger dari Google, pasti pernah merasakan blognya dihapus oleh Google. Saya sendiri sering mengalami hal tersebut. Ini karena blog tersebut memang melanggar TOS dari Google. Membuat website dari blogspot memang termasuk paling mudah. Karena, Anda hanya cukup bermodalkan nama domain maka Anda sudah bisa memiliki sebuah situs sendiri. Namun, semua database yang Anda miliki akan tersimpan di dalam database Google.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti Google melakukan penghapusan database, maka Anda perlu untuk sekali-kali melakukan backup blog. Karena, database dari Blogger di simpan oleh Google, maka Anda tentunya tidak akan mendapatkan yang namanya cpanel seperti yang ada pada webhosting yang menggunakan platform WordPress dan lainnya. Sedangkan langkah paling baik untuk melakukan backup database situs atua website adalah dengan masuk ke dalam cpanel. Nah, pada artikel kali ini Saya akan memberikan tutorial tentang cara mudah untuk membackup artikel blogspot yang tidak memiliki cpanel.

Langkah-langkah dalam membackup artikel website atau blog yang menggunakan platform blogspot :

– Untuk langkah pertama silahkan Anda login terlebih dahulu ke akun Blogger Anda.

– Setelah Anda berhasil login ke akun Blogger yang Anda miliki, maka Anda akan melihat daftar blog yang Anda miliki. Lanjutkan dengan memilih blog yang ingin Anda backup artikel yang ada di dalamnya.

– Setelah Anda memilih blog tersebut, maka Anda lanjut lagi dengan mengklik menu Setelan yang ada di sidebar kiri.

Cara Mudah Backup Artikel Di Blogspot 1 oleh tekno segiempat– Nah, di dalam menu Setelan ini Anda akan melihat berbagai opsi lagi. Silahkan Anda langsung saja klik pada menu yang bertuliskan Lainnya, yang biasanya ada paling di bawah. Lihat gambar di atas.

– Di dalam menu tersebut Anda akan menemui menu bernama Alat Blog. Di dalam menu Alat Blog ini ada beberapa pilihan opsi yaitu Impor Blog, Ekspor Blog, Hapus Blog. Karena pada artikel ini kita akan melakukan backup artikel, maka yang Anda klik adalah opsi Ekspor Blog.

– Setelah Anda mengklik opsi Ekspor blog tersebut, akan muncul sebuah pop up. Di dalam pop up tersebut berisi link download data blog Anda. Silahkan Anda klik tombol Unduh Blog untuk mulai melakukan download file.

Cara Mudah Backup Artikel Di Blogspot 2 oleh tekno segiempat

File hasil ekspor atau download tersebut biasanya berbentuk file format .xml. Dengan cara ini maka Anda bisa dengan mudah melakukan restore artikel kembali, jika saja sewaktu-waktu blog Anda mendapat giliran untuk penghapusan data dari Google. Cara ini pun bisa membantu Anda dalam memindahkan postingan artikel Blogspot ke situs WordPress.

Nah, demikian cara mudah untuk membackup data postingan artikel Blogspot, selamat mencoba.

LEAVE A REPLY