Secara default, url login situs/blog WordPress adalah wp-admin atau http://namasitus.com/wp-admin. Ada 2 alasan yang baik untuk merubah url login default ini. Pertama, untuk menghindari serangan brute force oleh hacker. Brute force adalah teknik hacking yang menggunakan ribuan kombinasi karakter untuk memecahkan password Anda. Dengan membiarkan halaman login Anda tetap wp-admin, ini memudahkan sang hacker untuk melakukan brute force. Kedua, wp-admin bagi kebanyakan blogger baru adalah url yang sulit untuk diingat. Sama halnya jika Anda membuatkan situs/blog untuk klien Anda. Akan jauh lebih mudah untuk diingat jika url login Anda http://namasitus.com/administrator atau http://namasitus.com/login.

Pada tutorial WordPress kali ini akan saya berikan cara untuk mengubah url login default wordpress Anda menjadi /login/. Url ini nantinya bisa Anda modifikasi sesuai keinginan Anda sendiri. Untuk melakukan perubahan ini, caranya cukup sederhana. Cukup dengan memasukkan kode di bawah ini ke dalam file .htaccess Anda. Jika file tersebut tidak bisa Anda temukan, coba masuk via FTP atau cPanel dengan mencentang pilihan ‘show hidden files’.


RewriteRule ^login$ http://yoursite.com/wp-login.php [NC,L]

Dengan kode di atas, Anda merubah url default login WordPress menjadi /login/. Dengan struktur yang sama, silahkan gunakan url yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY