gravatarSalah satu komponen terpenting dalam terbentuknya sebuah blog ada Blogosphere. Blogospheere adalah kondisi ketika blog sudah menjadi bagian dari rantai komunikasi komunitas blogging. Ini ditandai dengan adanya percakapan timbal balik di setiap postingan, dimana pembaca memberikan opini dan tanggapan mereka terhadap postingan blog Anda. Jika ini sudah terjadi, maka tercapailah salah satu tujuan blogging itu sendiri.

Disinilah pentingnya kolom komentar yang disediakan oleh WordPress. Karena kepentingan itu, banyak blogger-blogger dan bahkan web designer memfokuskan diri untuk memperindah bagian kolom komentarnya agar menarik perhatian pembaca untuk memberikan opini.

Saat pembaca memberikan komentar, gambar gravatar akan muncul sesuai dengan email yang mereka masukkan. Email yang sudah terdaftar di wordpress.org atau di gravatar.com akan memunculkan gambar atau foto secara otomatis pada komentarnya. Tapi, tidak semua orang memiliki akun di wordpress.org dan gravatar.com. Untuk mereka yang tidak mempunyai akun, WordPress sudah memberikan beberapa pilihan gravatar default, salah satunya gambar sosok pria dengan background abu-abu yang hampir sama dengan gambar profil facebook sebelum Anda memasukkan foto profil.

Anda bisa mengganti gravatar default ini dengan logo Anda sendiri. Jadi ketika pembaca yang berkomentar tidak memiliki gravatar, logo Anda yang akan dimunculkan oleh WordPress. Berikut ini caranya:

1. Masuk ke direktori theme yang Anda gunakan (lewat file manager cPanel, FTP atau Dashboard » Appearance » Editor) dan buka file functions.php.

2. Masukkan kode ini di bagian paling atas:


add_filter( 'avatar_defaults', 'gravatarbaru' );
function gravatarbaru($avatar_defaults) {
$avatarku = get_bloginfo('template_directory') . '/gambar/gravatarikon.gif';
$avatar_defaults[$avatarku] = "AVATARKU";
return $avatar_defaults;
}

Berikut ini penjelasan dari implementasi kode di atas:
‘/gambar/gravatarikon.gif’ adalah lokasi direktori dimana Anda mengupload gambar baru untuk gravatar. Dalam kasus ini, gambar di upload pada direktori theme dengan folder ‘gambar’.
Anda bisa mengganti AVATARKU dengan nama apa saja untuk gravatar Anda nantinya.

3. Masuk ke WordPress Dashboard Anda dan masuk ke Settings » Discussion.

4. Scroll ke bawah ke bagian Gravatar dan pilih gambar gravatar yang sudah Anda upload tadi. Klik Save setelah selesai.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY