Peringatan Update di Dashboard WordPress bagi sebagain blogger adalah kabar baik, tapi bagi kebanyakan blogger adalah hal yang menjengkelkan. Bagaimana tidak? Mengupgrade WordPress memang berarti meningkatkan keamanan blog WordPress Anda, tapi bisa juga berarti membuat fungsi plugin-plugin yang Anda gunakan tidak bekerja maksimal karena tidak didukung oleh WordPress versi terbaru. Sebelum Anda mengupdate versi WordPress, Anda sebaiknya memastikan dulu bahwa semua plugin Anda compatible dengan versi WordPress terbaru.

Karena keribetan ini, banyak blogger yang merasa terganggu dan memilih untuk hanya mengupdate WordPressnya saat mereka sudah merasa siap. Ini membuat kebanyakan blogger ingin menyembunyikan peringatan update WordPress sekedar untuk memberi rasa ‘aman’ saja saat sedang berada di dalam Dashboard area.

Saya pribadi juga tidak begitu senang melihat peringatan update WordPress ini, apalagi karena beberapa file inti WordPress yang digunakan di dalam SegiEmpat.com sudah mengalami beberapa modifikasi berat. Mengupdate WordPress berarti menghapus semua modifikasi yang sudah kami lakukan di dalam file-file inti WordPress sebelumnya. Jadi hingga pada saat saya merasa sudah betul-betul mengenal perubahan yang terjadi di WordPress versi terbaru, saya merasa lebih nyaman jika tidak melihat peringatan update WordPress.

Pada tutorial ini akan saya berikan cara mudah untuk melakukan itu. Cukup dengan memasukkan kode di bawah ini ke dalam functions.php theme/tema WordPress yang Anda gunakan:


function wphidenag() {
remove_action( 'admin_notices', 'update_nag', 3 );
}
add_action('admin_menu','wphidenag');

Untuk mendapatkan hasil yang sama Anda juga bisa menggunakan bantuan beberapa plugin. Tapi rasanya kode pendek di atas lebih mudah diimplementasikan bukan?

Perlu Anda ketahui bahwa kode di atas hanya berfungsi untuk menyembunyikan peringatan update versi WordPress yang ada di bagian bawah header di dalam Dashboard blog Anda. Kode di atas tidak akan menyembunyikan notifikasi update plugin dan update WordPress pada halaman ‘Updates’. Dengan begini, Anda masih bisa masuk ke halaman ‘Updates’ untuk melihat item-item apa saja pada blog Anda yang sudah kadaluarsa.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY