Menginstal WordPress dengan FTP juga dikenal sebagai metode penginstalan WordPress 5 menit. Untuk dapat melakukan penginstalan dengan FTP Anda sebelumnya harus tau dulu cara menggunakan FTP. Beberapa FTP client bahkan bisa langsung digunakan dengan browser, seperti FireFTP. Apapun FTP yang Anda gunakan, ini tidak akan memperlambat Anda menginstal WordPress. Pada kebanyakan kasus, penginstalan ini tidak akan memakan waktu lebih dari 5 menit. Sementara di beberapa kasus lain, webmaster biasanya menggunakan settingan pribadi yang sesuai dengan rencana kebutuhan blognya nanti sehingga proses penginstalan berjalan lebih dari 5 menit. Untuk Anda yang pemula, pada artikel ini akan dijelaskan cara penginstalan yang umum saja.

Menginstal WordPress dengan FTP membutuhkan sistem upload manual. Karena itu, Anda harus mendownload file WordPress yang ingin Anda gunakan. Sangat disarankan untuk mendownload WordPress versi terbaru. Extract file WordPress tersebut dan upload filenya ke dalam direktori situs dimana Anda ingin menginstal WordPress. Jika Anda ingin menginstal WordPress di alamat domain utama, upload file di /public_html/ directory. Jika Anda ingin menginstal WordPress di sub folder, upload file ke alamat sub folder yang Anda inginkan seperti /public_html/foldername/

Setelah Anda selesai mengupload WordPress, silahkan masuk ke cPanel web hosting Anda untuk membuat database.  Iconnya bisa dilihat di bawah:

mysqlicon

Anda akan melihat sebuah kolom “create database” untuk membuat database baru. Masukkan nama database Anda, dan klik “Create Database”

createmysqldb

Sekarang Anda sudah memiliki sebuah database baru, waktunya untuk melakukan penginstalan WordPress. Masuk ke alamat URL tempat file WordPress Anda upload tadi. Anda akan melihat halaman seperti ini:

wpsetup1

Klik tombol untuk membuat konfigurasi halaman. Pada halaman berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan informasi yang diperlukan untuk penginstalan, antara lain nama database, username database, password database, database host dan table prefix.

wpsetup2

Setelah informasi tersebut Anda masukkan, klik tombol “submit”. Dengan mengklik tombol tersebut, Anda akan dibawa ke halaman dengan tombol “Run the Install”. Klik tombol tersebut.

wpsetup3

Pada lahar Anda akan melihat sebuah format untuk memasukkan informasi blog Anda. Informasi ini antara lain judul situs (site title), username, password dan email.

wpsetup4

Click Install WordPress, and you are golden. On the next screen, you will see the Success note with your username and password. Click on the login button and start writing. If you need help learning the WordPress dashboard, then check out our free WordPress video tutorial series.

Klik “Install WordPress” dan Andapun selesai. Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat notifikasi sukses dengan username dan password Anda. Klik tombol login dan gunakan username dan password Anda untuk masuk ke Dashboard WordPress yang baru saja Anda buat dan mulailah blogging.

Jika cara di atas menurut Anda sulit, ada 2 cara lain untuk melakukan penginstalan WordPress yang kedua-duanya cukup dilakukan dari dalam cPanel secara otomatis. Berikut ini artikelnya:

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY