Menginstal WordPress di komputer Anda apakah perlu? Ini pertayaan yang banyak diangkat ketika bicara soal instalasi mesin web pada komputer pribadi. Sebenarnya, menginstal WordPress di dalam komputer Anda penting untuk kebutuhan belajar dan keperluan tes. Proses penginstalan WordPress di dalam komputer personal Anda juga dikenal dengan penginstalan local server atau localhost. Rata-rata para desainer website dan pengembang plugin menginstal WordPress di komputer mereka untuk mempercepat proses pengembangan. Sementara user biasa dapat menggunakan WordPress di komputer mereka untuk mengetes kinerja plugin baru atau membuat sebuah perubahan pada situs sebelum mengaplikasikan perubahan tersebut di pengunjung yang online. Nah, pada artikel ini akan secara khusus saya tunjukkan cara menginstal WordPress di komputer Windows Anda dengan WAMP.

Catatan: Dengan menginstal WordPress di komputer pribadi Anda, maka situs tersebut hanya akan bisa dilihat dan diakses oleh Anda sendiri. Jika Anda ingin membuat situs WordPress yang online dan dapat diakses secara umum lewat internet, Anda harus memiliki sebuah domain dan web hosting. Kami sarankan Anda membaca salah satu petunjuk cara menginstal WordPress di bawah ini:

Apa itu WAMP?

WAMP atau WampServer adalah sebuah kompilasi Web Server Apache, PHP dan MySQL yang digabungkan khusus untuk pengguna komputer Windows. Pada dasarnya, Anda membutuhkan WAMP untuk membangn server lokal Anda dan menginstal WordPress di Windows. Selain WAMP masih banyak client lain untuk Windows yang bisa Anda gunakan antara lain XAMPP, tapi kami merekomendasikan WAMP karena kemudahan dalam penggunaanya.

Menginstal WAMP Pada Komputer Anda

Yang pertama Anda lakukan adalah mendownload versi terbaru WampServer dari website resmi mereka disini. Anda akan dihadapkan dengan banyak opsi pada halaman download mereka. Cukup pilih salah satu yang cocok dengan Windows Anda (64-bit atau 32-bit). Ketika Anda ragu, cukup pilih saja versi 32-bit karena itu juga akan bekerja walaupun Windows Anda sebenarnya versi 64-bit.

Setelah mendownload WampServer, lakukan penginstalan program dengan mengikuti instruksi pada layar. Dalam penginstalan, WampServer akan menanyakan lokasi dari web browser default Anda. Secara default, WampServer akan menggunakan Internet Explorer, tapi Anda bisa menggantinya dengan Goolge Chrome atau Opera dengan memasukkan lokasinya di Program Files.

installing-wamp

Setelah selesai dengan penginstalan WAMP, silahkan langsung buka programnnya.

Membuat Database Untuk WordPress

WampServer sudah dilengkapi dengan phpMyAdmin, sebuah aplikasi berbasis web untuk me-manage MySQL database. Klik icon WampServer di Windows Taskbar dan pilih phpmyadmin.

launch-phpmyadmin-wamp

phpMyAdmin akan terbukan pada sebuah window browser baru. Klik “Databases” di phpMyAdmin untuk membuat database baru untuk WordPress. Pilih nama untuk database tersebut dan klik “Create”.

create-db-phpmyadmin

Menginstal WordPress di Windows dengan WAMP

Download WordPress versi terbaru dari WordPress.org. Extract isi file dan masukkan ke dalam folder WordPress. Masuk ke C:wamppwww dan paste folder wordpress tersebut. Anda bisa mengganti nama folder WordPress tersebut sesuai keinginan Anda misalnya situssaya, mysite, atau apa saja. Untuk tutorial ini, anggap saja kita menamai folder tersebut dengan nama “mysite”. Buka web browser Anda dan ketikkan:
http://localhost/mysite/

WordPress akan menginfokan bahwa WordPress tidak dapat menemukan file wp-config.php. Klik tombol “Create a Configuration File” untuk membuatnya.

create-config-file

Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memberikan informasi database. Nama database adalah database yang Anda pilih. Pada tutorial ini, anggap saja database tersebut kita namai dengan “test_db”. Secara default, username database Anda adalah root dan tidak ada password. Klik tombol “Submit” dan WordPress akan membuatkan file konfigurasi untuk Anda.

database-information

Setelah ini Anda akan melihat sebuah layar yang menginformasikan bahwa WordPress telah selesai membuat sebuah file konfigurasi. Saat ini Anda sudah bisa lanjut ke penginstalan. Silahkan klik “Run Install”.

run-install

Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk mengisi form instalasi. Data yang perlu Anda masukkan antara lain judul situs, username dan password untuk admin, serta alamat email. Setelah selesai, klik tombol “Install WordPress”.

wordpress-installation

WordPress dengan cepat akan melakukan instalasi dan membuat table database. Setelah selesai, Anda akan melihat notifikasi sukses dari WordPress. Setelah ini, situs/blog Anda sudah selesai dan Anda sudah bisa masuk ke dalam Dashboard WordPress Anda dengan mengklik tombol login.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY