WordPress dikenal sebagai salah satu platform blogging dan content management system yang paling populer. Para user WordPress seringkali terkejut ketika mengetahui bahwa dengan segala kelengkapan fiturnya, penginstalan WordPress itu sendiri sangat mudah. Hampir semua perusahaan web hosting yang terkemuka sudah memberikan fitur penginstalan WordPress hanya dengan beberapa klik saja. Dalam kebanyakan kasus, penginstalan WordPress adalah sebuah proses yang sederhana yang tidak memakan waktu lebih dari 5 menit. Dalam tutorial ini akan dijelaskan cara menginstal WordPress dengan salah satu fitur dalam cPanel yang bisa ditemukan di hampir semua web hosting. Fitur tersebut adalah SimpleScripts.

Menginstal WordPress dengan SimpleScripts ini tergolong salah satu cara penginstalan WordPress yang paling mudah dari beberapa cara penginstalan WordPress yang lain. Beberapa web hosting besar seperti Bluehost atau Hostgator sudah menginstal SimpleScripts dalam server mereka sehingga bisa digunakan oleh setiap usernya melalui cPanel. Jika web hosting Anda memiliki fitur SimpleScripts, Anda akan menemukan iconnya di cPanel seperti gambar di bawah:

simplescriptsicon

Pada kebanyakan perusahaan web hosting, Anda hanya akan melihat icon SimpleScripts saja. Screenshoot di atas di ambil dari cPanel Bluehost. Bagaimanapun warna dan bentuk dari SimpleScripts di web hosting Anda, setelah diklik akan tampil halaman seperti di bawah ini:

simplescriptswpicon

Ketika Anda mengklik WordPress, Anda akan diarahkan ke sebuah halaman dengan tombol install. Halaman ini juga adalah tempat Anda mengatur semua instalasi WordPress Anda jika ada.

simplescriptswpinstall

Setelah Anda mengklik tombol install, Anda akan diarahkan ke halaman dimana Anda harus memilih preferensi instalasi. Disini Anda dapat memilih lokasi penginstalan WordPress tersebut (di situs utama atau sub direktori). Anda juga akan diminta untuk memasukkan judul blog yang akan diinstal (jangan kuatir, Anda dapat menggantinya nanti). Anda juga dapat mengatur username dan password yang nantinya Anda akan gunakan untuk masuk ke dalam Dahsboard WordPress (cukup klik link “Click here to show more”)

simplescriptswpinstallpreference

Klik accept the terms of service dan klik Complete. SimpleScripts kemudian akan melakukan penginstalan WordPress dan setelah selesai Anda akan menerima notifikasi sukses seperti ini:

simplescriptswpinstallcomplete

Dengan ini, blog WordPress Anda sudah siap digunakan. Klik link login dan masuk dengan username dan password yang sudah diberikan. Anda akan masuk ke dalam WordPress Dashboard, tempat dimana Anda akan mengatur semua postingan dan isi blog Anda nantinya.

Jika web hosting Anda tidak memberikan pilihan SimpleScripts, silahkan baca Cara Menginstal WordPress dengan Fantastico.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY