Fantastico adalah sebuah script penginstalan sistem yang ada pada kebanyakan web hosting, salah satunya Hostgator. Pada awalnya, Fantastico adalah salah satu sript penginstalan yang paling elit dan menjadi pilihan satu-satunya oleh para user, tapi kehadirannya sempat nyaris tertelan kompetisi dengan SimpleScripts dan Softaculous. Jika web hosting Anda menyediakan script Fantastico, berikut ini adalah cara menginstal WordPress dengan Fantastico.

Masuk ke akun cPanel Anda dan cari icon seperti di bawah ini:

fantasticoicon

Klik icon dan Anda akan diarahkan ke halaman control panel Fantastico. Pada menu bar disebelah kiri, Anda akan melihat WordPress di bawah kategori “Blogs”. Klik WordPress dan Anda akan melihat layar informasi WordPress. Untuk menginstal WordPress menggunakan Fantastico, klik link “New Installation”.

fantasticowpinfo

Pilih nama domain yang ingin Anda instalkan WordPress. Berikutnya, masukkan nama direktori jika Anda tidak ingin WordPress terinstal pada domain utama. Jika Anda ingin blog tersebut terinstal pada domain utama, cukup kosongkan kolom tersebut. Pada bagian data akses admin, masukkan username dan password yang ingin Anda gunakan untuk masuk ke dalam WordPress Dashboard. Pastikan username yang Anda gunakan BUKAN admin dan gunakan password yang kuat (password yang kuat setidaknya terdiri dari kombinasi karakter angka, karakter huruf kecil, karakter huruf besar, dan karakter spesial. Masukkan juga nickname dan alamat email yang valid. Masukkan judul situs (site title) dan deskripsi (jangan kuatir, Anda masih bisa merubah ini lagi nanti). Setelah Anda mengisi semua informasi yang dibutuhkan, klik “Install WordPress”.

fantasticowpinstallstep11

Klik “Next” setelah Anda mengkonfirmasi semua informasi yang sudah Anda masukkan sebelumnya. Klik “Finish Installation” untuk menyelesaikan proses penginstalan WordPress.

fantasticowpinstallstep2

Setelah penginstalan selesai, silahkan masuk ke direktori WordPress Dashboard Anda dengan menggunakan username dan password yang sudah Anda buat.

Sebagai alternatif lain, silahkan baca Cara Menginstal WordPress Dengan SimpleScripts.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY