Theme editor pada WordPress adalah fitur yang sangat berguna untuk melakukan perubahan tampilan dan fungsi minor langsung dari admin panel tanpa harus masuk ke server via FTP atau cPanel. Saya pribadi menggunakan fitur tersebut untuk melakukan hampir semua perubahan kecil yang saya rasa perlu di SegiEmpat, terutama karena saya lebih sering mengakses admin panel dari ponsel saja. Tapi perlu diketahui bahwa ketika terjadi kesalahan kecil saja saat Anda melakukan perubahan fungsi lewat fitur theme editor, Anda bisa saja tidak dapat memperbaiki kesalahan tersebut kecuali Anda masuk ke server dan melakukan perubahan file dari dalam. Jadi lakukan perubahan dengan fitur ini hanya saat Anda tahu persis apa yang Anda lakukan.

Secara default, fungsi ini tersedia bagi level-level akses yang tinggi, seperti administrator. Terkadang ada situasi dimana salah satu user ingin Anda jadikan sebagai administrator, tapi Anda tidak ingin user tersebut melakukan perubahan apa-apa di theme editor baik secara disengaja maupun tidak. Pada tutorial WordPress kali ini, akan saya berikan cara untuk menghilangkan pilihan theme editor di admin panel WordPress Anda.

Caranya sangat mudah. Silahkan masuk ke server Anda melalui FTP atau cPanel dan buka file wp-config.php yang terletak di direktori utama instalasi WordPress Anda. Kemudian masukkan kode di bawah ini:

 

define( ‘DISALLOW_FILE_EDIT’, true );

 

Kode di atas akan mematikan fungsi theme editor di blog WordPress Anda. Ini adalah salah satu langkah pengamanan untuk menghindarkan blog Anda dari error karena perubahan tidak sengaja oleh user melalui theme editor. Ingat bahwa Anda masih bisa melakukan perubahan dan input kode melalui FTP atau cPanel. Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY