Komentar di WordPress adalah salah satu tool yang sangat kuat. Pada saat Penguin dan Panda digunakan oleh Google pertama kali, ada kabar yang berhembus bahwa algoritma ini juga menggunakan komentar sebagai salah satu faktor untuk menilai user experience, atau seberapa besar nilai dari sebuah halaman situs. Tapi ada juga situasi dimana komentar di WordPress mulai mengganggu, apalagi jika kebanyakan komentator memasukkan komen tidak bermutu hanya dengan maksud untuk memasukkan link situs/blog atau postingannya.

Menghapus komentar di WordPress tentu saja sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke Dashboard ยป Comments dan mengklik ‘Trash’ untuk menghapus komentar-komentar tertentu. Tapi bagaimana jika di situs Anda sudah ada sekitar 12000 komentar yang ingin Anda hapus semuanya? Mengklik trash satu per satu sebanyak 12000 kali tentu saja bukan hal yang efisien untuk dilakukan. Pada tutorial kali ini akan saya berikan cara untuk menghapus semua komentar WordPress secara keseluruhan sekaligus.

Untuk melakukan ini, ada 3 cara yang bisa saya sarankan mulai dari yang tersulit hingga yang termudah.

1. Menghapus Dari PhpMyAdmin

Bagi kebanyakan webmaster yang sudah terbiasa bolak balik cPanel, ini tentu saja adalah cara yang termudah. Tapi jika Anda belum terbiasa dengan fitur-fitur cPanel, Anda mungkin akan menemukan cara ini cukup sulit untuk dilakukan.

Pertama, silahkan masuk ke cPanel Anda dan klik PhpMyAdmin. Jika Anda bingung, cukup cari icon seperti di bawah ini:

phpmyadmin

Setelah masuk, pilih database blog Anda. Jika Anda tidak tahu database blog Anda, ini bisa dilihat di file wp-config.php di direktori utama blog Anda yang bisa diakses lewat file manager cPanel atau FTP. Setelah mengklik database blog/situs Anda, pilih tabel wp_comments. Pada tabel wp_comments, ada 2 hal yang bisa Anda lakukan untuk menghapus komentar:

1. Klik ‘Show All’ pada bagian bawah tabel. Kemudian centang Check All lalu klik tombol delete yang ada di samping kolom Check All tersebut.
2. Masuk ke tab SQL dan masukkan perintah SQL di bawah ini:


DELETE FROM wp_comments

atau


DELETE FROM wp_comments

2. Menghapus Dengan Plugin

Jika menghapus melalui cPanel masih agak sulit Anda lakukan, Anda bisa memanfaatkan plugin Delete All Comments. Silahkan cari nama plugin tersebut di Dashboard ยป Plugins atau langsung download pluginnya disini.

Setelah plugin Anda install, Anda sudah bisa menghapus semua komentar WordPress Anda dengan mengakses Tools ยป Delete All Comments.

3. Menghapus Langsung Dari Comments

Jika Anda masih juga terkendala dengan penginstalan plugin tersebut, Anda bisa menghapus semua komentar dengan mudah langsung dari Dashboard ยป Comments. Pada halaman tersebut, klik Screen Options pada bagian kanan atas halaman. Ketika Screen Options sudah terbuka, masukkan angka 999999 pada kolom yang tersedia dan klik Apply. Ini akan menampilkan semua komentar di blog Anda dalam satu halaman comments.

Setelah halaman tersebut selesai meload semua komentar, Anda tinggal mencentang kolom di samping kata ‘author’. Dengan begini Anda juga sudah mencentang semua komentar yang ada di bawahnya. Lalu klik dropdown ‘Bulk Action’ dan pilih move to trash, kemudian klik Apply. Ini akan menghapus semua komentar di blog/situs Anda sekaligus.

Jika situs/blog Anda memiliki banyak komentar, sangat sayang jika semuanya harus dihapus sekaligus. Saya sarankan untuk menampilkan jumlah total komentar di blog/situs Anda untuk memancing pengunjung baru ikut berkomentar. Tapi jika memang jenis blog/situs Anda mengharuskan Anda menghapus semua komentar lama, semoga salah satu dari 3 cara di atas dapat membantu. Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

22 COMMENTS

  1. Suangat membantu sekali gan.
    Tdnya sy dh puciiing… Blog sy kena hack di spam orang sampe 73 ribu komentar. untuk komentarnya pake facebook comment. jadi ga muncul di halaman. sekali lagi makasih mas berow..

    • Kalau untuk anti spam, bisa pake plugin Akismet. Atau untuk lebih praktisnya, agan bisa pakai Growmap Anti Spambot Plugin. Plugin ini menambahkan kolom yang harus dicentang pembaca sebelum komentar. Karena robot spam tidak bisa melakukan klik seperti user asli, ini bisa menjamin tidak ada lagi spam yang masuk. Mau pakai yang mana, terserah agan aja ๐Ÿ™‚

  2. kalau mau menghapus sampai sak kolom”nya sekalian gimana kak? aku udah edit di page.php sebelumnya… post pertama berhasil… terus aku hapus post itu dan aku bikin post baru lagi… terus kolomnya muncul lagi… padahal script untuk komentar udah aku hapus di page.php….
    gimana caranya kak? makasih sebelumnya…

  3. makasih gan, sangat membantu sekali. apalagi dengan plugin yg di rekomendasikan, wuihhh…. 2 detik 300rb komen hilang. makasih, smg anda dan keluarha di beri keslamatan dunia dan akhirat. aaamiiinnn

LEAVE A REPLY