Pada blog/situs WordPress yang bersifat multi-site atau dengan penulis yang lebih dari satu, terkadang postingan yang dilable private dan protected diperlukan. Kedua label postingan ini memberikan fungsi yang hampir sama. Ketika postingan Anda diberikan label private atau protected, hanya mereka yang sudah melakukan login atau memasukkan password yang benar yang bisa membaca postingan tersebut.

Pada masa-masa awal terbentuknya segiempat.com, saya menggunakan kedua label ini untuk postingan-postingan yang hanya diperuntukkan bagi penulis. Postingan tersebut rata-rata seperti panduan penulisan dan pemilihan topik yang benar untuk para penulis baru. Anda dapat memanfaatkan label ini untuk tujuan apa saja yang Anda rasa diperlukan untuk jenis dan bentuk blog/situs WordPress Anda.

Secara default, sebuah postingan yang terlindungi seperti ini akan diberikan label di depan judul postingan tersebut. Misalnya ‘Private: Judul Postingan’ atau ‘Protected: Judul Postingan’. Anda dapat mengganti label ini dengan apa saja yang Anda inginkan. Bisa menjadi ‘Untuk Staff: Judul Postingan’ atau ‘Untuk Admin: Judul Postingan’.

Caranya cukup mudah, hanya dengan memasukkan kode-kode di bawah ini ke dalam functions.php theme/tema WordPress yang Anda gunakan. Kode pertama adalah untuk merubah label/nama dari private post:


function ubah_label_private() {
return 'Untuk Staff: %s';
}
add_filter('private_title_format', 'ubah_label_private');

Kode kedua adalah untuk merubah label/nama dari protected post:


function ubah_label_protected() {
return 'Untuk Admin: %s';
}
add_filter('protected_title_format', 'ubah_label_protected');

Pada kode di atas, saya merubah label private menjadi Untuk Staff dan label protected menjadi Untuk Admin. Tentu saja Anda bebas mengganti nama tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Silahkan masukkan label/nama yang Anda inginkan pada kedua kode di atas tanpa merubah struktur perintahnya. Semoga bermanfaat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY